Penasaran wisata di kota yang berada di ujung paling timur pulau Jawa? Banyuwangi bisa menjadi pilihan destinasi wisata kamu. Banyuwangi terkenal dengan banyak sebutan, mulai dari Sunrise of Java, Bumi Blambangan, kota Osing hingga kota Festival. Kenapa festival? Ini dikarenakan, rutinnya perhelatan Banyuwangi Ethno Carnival setiap tahunnya. Diadakan sejak 2011, festival ini  menampilkan seni, budaya, fesyen, dan wisata olahraga.

Untuk transportasi dari Jakarta, kamu bisa mencoba jalur darat dengan kereta api Gajah Wong, dari stasiun Pasar Senen tujuan Yogyakarta stasiun Lempuyangan selama 12 jam. Kemudian disambung dengan kereta api Sri Tanjung dari stasiun Lempuyangan menuju stasiun Banyuwangi Baru selama 14 jam. Jika ingin menghemat waktu, bisa menggunakan pesawat terbang maskapai Nam Air dari bandara Soekarno Hatta menuju bandara Blimbingsari.

Nah berikut tempat wisata Banyuwangi yang wajib kamu kunjungi:

Kawah Ijen

Rasanya belum afdal jika ke Banyuwangi belum berkunjung ke sini. Kawah ini berada di Gunung Ijen yang berada di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. Setiap dini hari sekitar pukul 02.00 hingga 04.00, di sekitar kawah dapat dijumpai fenomena blue fire atau api biru. Namun untuk menuju ke sana kamu harus mendaki ke puncak dengan jarak sekitar 3 km, untuk turun menuju ke kawah harus melintasi medan berbatu-batu sejauh 250 meter dengan kondisi yang terjal. Untuk bisa ke sini biasanya banyak jasa open trip, biaya mulai dari Rp 200.000 dengan pemandu. Jangan lupa membawa masker, karena asap belerang sangat berbahaya jika terhirup. Live-tweet di kawah Ijen klik di sini.

Taman Nasional Baluran

Tak perlu jauh-jauh ke Afrika, Taman Nasional Baluran atau juga lebih di kenal dengan julukannya, Africa Van Java ini adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli. Terdapat beberapa destinasi alam yang bisa kamu kunjungi. Dari luasnya padang Savana Bekol, lebatnya hutan hijau Evergreen Forest, hingga keindahan pantai Bama. Harga tiket masuk terdapat 2, pengamatan hidupan liar Rp 10.000/orang,  nusantara Rp 7.500/orang dan untuk roda 4 dikenakan biaya Rp 15.000. Jika membawa makanan ringan atau snacks, jangan membuang sampah sembarang ya.

Taman Nasional Alas Purwo

Senang berkunjung ke hutan? Selain Baluran ada taman nasional Alas Purwo yang berlokasi di kecamatan Tegaldlimo dan kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. Taman nasional dengan luas 43.420 ha  ini banyak tempat seru untuk dikunjungi. Ada Savana Sadengan, di mana kamu bisa melihat beragam satwa seperti banteng, rusa hingga burung. Selain itu beragam pantai ada di taman nasional ini, pantai yang sering menjadi incaran adalah pantai Plengkung. Para peselancar berlomba-lomba menuju ke sana karena memilik ombak yang tinggi.  Biaya masuk ke taman nasional Alas Purwo cukup terjangkau, yaitu Rp 5.000/orang, namun untuk akses ke pantai Plengkung dikenakan biaya sekitar Rp 400.000.

De Djawatan

Kamu pernah nonton The Lord of the Rings? Tempat ini  jangan sampai terlewatkan jika kamu di Banyuwangi. De Djawatan berlokasi di desa Benculuk, kecamatan Cluring, kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Di sini kamu bisa berfoto sesuka hati dengan pemandangan rindangnya pohon trembesi yang mirip dengan hutan Fangorn dalam film  The Lord of the Rings. Kabarnya pohon trembesi di sini berumur lebih dari 100 tahun. Selain itu di kawasan hutan lindung ini terdapat tempat tinggal kelelawar.  Harga tiket masuk De Djawatan yaitu Rp 2.000.

 

Baca juga:   

Liburan dan Mengenal Situs Megalitikum Gunung Padang

5 Tempat Wisata Murah di Kota Semarang

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here