Foto: 20th Century Fox

20th Century Fox menjadikan tanggal 13 May 2019 X-Men Day. Setelah 20 tahun lebih kisah mutan dalam komik diracik ke layar lebar. Penasaran dengan timeline dan urutan film X-Men?

Film pertama X-Men dirilis pada Juli 2000, masih ingat? Nah dalam rangka perilisan film X-Men: Dark Phoenix pada bulan Juni ini mari kita bahas urutan film sebelumnya.

Urutan Film X-Men Wajib Tonton

X-Men First Class (2011)

Foto: 20th Century Fox

Film garapan Matthew Vaughn ini mengisahkan permulaan Charles Xavier a.k.a. Professor membentuk pasukan mutan dengan sebutan X-Men. Di sini kamu melihat masa kecil dari Magneto, Charles Xavier, Raven Mystique. Bahkan misi pertama mereka di Cuba.

X-Men Days of Future Past (2014) – Versi masa lalu

Foto: 20th Century Fox

X-Men: Days Of Future Past memaksimalkan kisah pada tahun 1970-an, di mana pemerintah sudah mulai menindak mutan. Di sini Charles Xavier di masa depan menugaskan Wolverine ke masa lalu menghentikan program Sentinel yang berawal tertangkapnya Mystique.

X-Men Origins: Wolverine (2009)

Foto: 20th Century Fox

Berkat X-Men: Days Of Future Past, kita memiliki dua garis waktu. Dalam film ini Wolverineberusaha membalas dendam pada William Stryker dan Sabretooth. Di sini kamu akan melihat versi awal Deadpool yang diperankan oleh Ryan Reynolds. Deadpool dalam film ini pun terasa janggal.

X-Men (2000)

Film garapan Bryan Singer ini mengisahkan Wolverine dan Rogue diserang oleh tim Brotherhood Magneto. Mereka dibawa ke sekolah Profesor Charles Xavier. Di sini kita dikenalkan dengan tim X-Men yang solid; Cyclops, Storm, dan Jean Grey.

X-Men harus menghentikan Magneto yang berniat mengubah semua pemimpin dunia menjadi mutan. Di akhir, Wolverine pun meninggalkan X-Men untuk mecari tahu ingatannya yang hilang.

X2 (2003) dan X-Men: The Last Stand (2006)

Dalam film X2 , Wolverine kembali setelah tanpa menemukan apa pun tentang masa lalunya. Dia membantu X-Men dan Magneto Brotherhood menghentikan Kolonel Stryker yang memanfaatkan Charles Xavier melawan mutan. Di sini, Jean Grey mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan mereka semua.

Foto: 20th Century Fox

Sementara di The Last Stand, Force Phoenix Jean menyelamatkannya sekaligus melepaskan monster dalam dirinya. Pertempuran terakhir antara X-Men dan Brotherhood pun terjadi. Wolverine sadar jalan satu-satunya menghentikan Jean Grey yaitu membunuhnya.

The Wolverine (2013)

Foto: 20th Century Fox

Setelah X-Men: The Last Stand, Wolverine menuju ke Jepang untuk reuni dengan seorang tentara bernama Ichirō Yashida yang hidupnya dia selamatkan bertahun-tahun sebelumnya. Wolverine harus melindungi cucunya yang bernama Mariko Yashida dari segala macam ninja dan pembunuh Yakuza.

X-Men Days of Future Past (2014) – Versi masa depan

Post credit di The Wolverine menuntun kita ke event di Days of Future Past. Sentinel memburu para mutan, Magneto, Charles Xavier, dan X-Men yang masih hidup berencana untuk mengirim Wolverine ke masa lalu untuk menghentikan Mystique yang memulai perang kembali pada tahun 1970-an.

Rencana ini berhasil dan mengatur ulang timeline. Ini mempengaruhi timeline asli dan semua X-Men, termasuk Cyclops dan Jean Grey, kembali dari kematian.

X-Men: Apocalypse (2016) dan X-Men: Dark Phoenix (2019)

Foto: 20th Century Fox

Setelah peristiwa Days of Future Past, timeline asli te-reset dan membuka jalan untuk yang baru ini. Dalam X-Men: Apocalypse, kita melihat Jean Gray dan Cyclops sebagai remaja di sekolah Xavier, Wolverine ditangkap oleh Stryker, dan Magneto mencoba hidup normal. Namun, ini berubah ketika mereka harus bersatu untuk menghentikan mutan Apocalypse yang terbangun dari tidur panjang.

Set film ini di tahun 1983 dan benar-benar menciptakan timeline teranyar. Di sini kita melihat asal-usul Storm, Angel, dan Nightcrawler versi yang berbeda dari film sebelumnya, dan bahkan menuju event Dark Phoenix yang diperkirakan berset pada tahun 90an.

Baca juga: 5 Alasan Wajib Nonton X-Men Apocalypse

Deadpool (2006) dan Deadpool 2 (2018)

Kedua film Deadpool berset di abad ke 21 setelah pengaturan ulang di timeline baru, terbukti dilihatkan masa muda Charles Xavier,Cyclops, dan Storm. Meskipun tidak jelas kapan film-film tersebut berlangsung secara tepat.

Foto: 20th Century Fox

Baca juga: Review Film: DC Universe Babak Belur di Deadpool 2

Deadpool dan Deadpool 2 tidak terlalu mempengaruhi timeline X-Men Universe. Tapi untungnya mereka mengubah kisah Wade Wilson dari X-Men Origins: Wolverine . Dalam Deadpool 2, Wade menggunakan mesin waktu Cable untuk melompat ke timeline lama. Mereka juga memasukkan beberapa karakter X-Men yang kurang begitu populer seperti Colossus.

Logan (2017)

Walaupun Logan memiliki timeline sendiri, diperkirakan event film ini setelah film X-Men: Apocalypse dan Dark Phoenix.. Di sini, Wolverine menua dan jatuh sakit, begitu juga Charles Xavier yang kehilangan kendali atas kekuatan luar biasanya.

Foto: 20th Century Fox

Mereka hidup di dunia di mana sebagian besar mutan telah punah. Logan dan Charles Xavier bertemu dengan seorang gadis muda bernama Laura, seorang anak rekayasa dari Wolverine, yang sedang diburu oleh The Reavers yang dipimpin oleh Donald Pierce.

Baca juga: Review Film: Logan Penuh Aksi Brutal dan Akhir Yang Haru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here