The wait is over, film Power Rangers akhirnya tayang di layar lebar. Film yang diadaptasi dari tim superhero warna-warni era 90an ini produksi oleh Lionsgate dan Temple Hill Ent, serta digarap oleh Dean Israelite (Project Almanac).  Aktor-aktor muda pun direkruit untuk menjadi pasukan Power Rangers, mereka adalah Dacre Montgomery, Naomi Scott, RJ Cyler, Becky G dan Ludi Lin. Tak hanya mereka, film ini menampilkan jajaran aktor senior seperti Elizabeth Banks, Bill Hader, dan Bryan Cranston.

Sebelum mereka berkumpul, cerita dimulai masa lalu era Cenozoic, dimana Zordon seorang Ranger Merah yang harus melindungi kristal zeo namun dikhianati timnya Ranger Hijau alias Rita Repulsa, Zordon pun berhasil mengubur kristal zeo dengan bantuan Alpha 5 hingga Rita terlempar jauh ke dalam laut.

Kembali ke masa sekarang, Jason Lee Scott bintang football  yang harus mengikuti kelas detention karena kenakalannya. Di sanalah Jason bertemu dengan Billy murid jenius yang mengidap autis dan anggota cheerleader Kimberly, mereka sama-sama ada di kelas hukuman hari Sabtu. Jason pun berteman dengan Billy dan menemaninya ke pertambangan Angel  Grove. Billy pun meledakkan salah satu lokasi temuannya dan menemukan Power Coins warna-warni, ledakan itu membawa Kimberly, Zack dan Trini yang kebetulan berada di lokasi muncul.

Berkumpullah mereka 5 anak SMA sebagai Power Rangers yang terpilih. Dengan bantuan Alpha 5 dan Zordon, ke-5 remaja ini dibimbing bagaimana cara bertransformarsi dan mengalahkan Rita Repulsa yang kembali bangkit untuk merebut kristal zeo? akankah mereka berhasil?

Power Rangers kekinian tampil cukup berbeda dari versi serial TV, mulai dari kostum yang terlihat seperti Iron Man, Zord yang terlihat seperti Transformers dinosaurus. Alpha 5 pun tampil berbeda dengan kepala layaknya pesawat UFO dan lebih kurus, sementara Zordon yang kita kenal dengan muncul sebagai hologram kini tampil dengan desain 3D yang muncul di layar dengan efek CGI. Benar-benar penyegaran setiap karakter.

Dean memfokuskan bagaimana Power Rangers terbentuk dan asal muasal konflik Rita Repulsa dan Zordon. Pertemuan Jason, Kim dan Billy pun bisa dibilang cukup berkesan karena mirip film Breakfast Club (1985).  Power Rangers menampilkan superhero LGBT dan autis pertama, penyanyi lagu Shower, Becky G memerankan ranger kuning alias Trini yang cukup menarik perhatian karena di sana berperan sebagai lesbian. Billy atau ranger biru yang pengidap autis diperankan oleh aktor kulit hitam RJ Cyler. Pemimpin mereka ranger merah diperankan oleh aktor asal Australia Dacre Montgomery, ranger pink diperankan aktris Inggris Naomi Scott dan ranger hitam a.k.a Zack diperankan Ludin Lin, aktor asal Cina. So tidak ada isu rasis, karena semua setara dalam film ini.

Drama sangat terasa dalam film ini,  ke-5 remaja yang memiliki permasalahan pribadi dan ini menjadikan proses bonding terasa klop dari setiap pemain. Beragam lelucon pun diselipkan agar tidak terlalu serius, mulai dari lelucon negro, hingga kelakuan jenaka dari setiap pemain.

Sejauh ini saya puas dengan proses bagaimana para ranger terbentuk, momen terbaik ketika zord mulai keluar bersamaan dengan lagu ikonik Go Go Power Rangers pastinya bikin kalian merinding dan kerinduan serial masa kecil terobati. Megazord salah satu robot andalan para rangers, namun ketika transformasi tidak begitu diperlihatkan, tampilannnya pun lebih ramping dari versi serial TV.

Sangat disayangkan jika ulasan Power Rangers di bawah 50% di Rotten Tomatoes, mungkin beberapa penonton menantikan aksi tanpa akhir, tetapi yang disajikan proses dan aksi pertama mereka melawan Goldar. Tak selesai di sini, Power Rangers dikabarkan akan ada kelanjutannya, jangan buru-buru beranjak setelah credit scene karena ada spoiler. Tambahan, rindu pemain lama Power Rangers? temukan mereka yang hadir sebagai kameo.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here