Review Film Encanto, Animasi yang Apik dan Keluarga Besar yang Demanding

REVIEW FILM ENCANTO, ANIMASI YANG APIK DAN KELUARGA BESAR YANG DEMANDING

Apabedanya.com – Menuju akhir tahun ada film animasi persembahan Disney berjudul Encanto. Film ini disutradarai oleh Jared Bush dan Byron Howard (Bolt, Tangled, Zootopia). Menjadi film animasi Disney keempat yang mengeksplorasi budaya Amerika Latin, penasaran ulasan film ini? Simak review film Encanto di bawah ini!

Sinopsis Film Encanto

Walt Disney Animation Studios’ Encanto bercerita tentang keluarga Madrigal, sebuah keluarga yang tinggal di rumah ajaib, yang tersembunyi di daerah pegunungan Kolombia, tepatnya di Encanto, sebuah kota penuh warna yang memukau. Keajaiban Encanto memberikan setiap anggota keluarga Mirabel kemampuan spesial, mulai dari tenaga super hingga kemampuan untuk menyembuhkan – semua anak memiliki kekuatannya masing-masing, kecuali Mirabel.

BACA JUGA: REVIEW FILM ZOOTOPIA, ANYONE CAN BE ANYTHING

REVIEW FILM ENCANTO, ANIMASI YANG APIK DAN KELUARGA BESAR YANG DEMANDING
Foto: Disney

REVIEW FILM ENCANTO, MENGENAL KELUARGA MADRIGAL

Film Encanto dibuka dengan karakter utama Mirabel (Stephanie Beatriz ) memperkenalkan keluarganya dengan lagu “The Family Madrigal”. Karakter Mirabel ini sangat positif, walaupun dirinya tidak diberkahi kekuatan seperti anggota keluarga lainnyanya, dia tetap ingin membantu dan menjadi bagian dari keluarga.

Nah mari mengenal kekuatan setiap anggota keluarga Madrigal ini, pertama ada Abuela Alma Madrigal (María Cecilia Botero), sang pemimpin keluarga ini, sang penemu lilin ajaib yang dapat membangun rumah ajaib, Casitas. Kemudian anaknya, Bruno Madriga (John Leguizamo) memiliki kekuatan bisa membaca masa depan, Pepa Madrigal (Carolina Gaitán) kekuatannya bisa mengendalikan cuaca berdasarkan mood-nya, kemudian ada Julieta Madrigal (Angie Cepeda ), ibunya Mirable yang dapat menyembuhkan penyakit dengan masakannya.

Kemudian Luisa Madrigal (Jessica Darrow) kakaknya Mirabel yang diberi kekuatan super, dia sangat kuat bisa mengangkat apa saja. Kakak lainnya ada Isabela Madrigal (Diane Guerrero), dia cantik dan dapat memekarkan bunga di mana saja.

BACA JUGA: KARAKTER-KARAKTER DI FILM RAYA AND THE LAST DRAGON

SINOPSIS FILM ENCANTO, FILM ANIMASI DISNEY TERBARU YANG PENUH KEAJAIBAN
Foto: Disney

Berikutnya ada sepupu Mirabel, Dolores Madrigal (Adassa) kekuatannya bisa mendengarkan apa apun dari jarak jauh. Kemudian ada Camilo Madrigal (Rhenzy Feliz ) yang dapat berubah bentuk jadi apa saja. Terakhir adik sepupu Mirabel, Antonio Madrigal (Ravi-Cabot Conyers) yang dapat berbicara dengan binatang. Sisanya ada Félix Madrigal (Mauro Castillo) suami dari Pepa, ayah dari Dolores, Camilo, dan Antonio. Kemudian ada Agustín Madrigal (Wilmer Valderrama), ayah dari Maribel.

KARAKTER YANG DITUNTUT SEMPURNA OLEH KELUARGA

Cerita dalam film ini sangat menghangatkan, kisah keluarga bikin mata berkaca-kaca. Bagaimana kekuatan Bruno yang dianggap aneh dan keluarganya mengacuhkannya, keberadaanya akan mengejutkanmu. Kita juga diajak melihat saat Mirabel kecil tidak mendapatkan kekuatan di upacara pemberkatan, disaksikan banyak orang, anak sekecil itu harus dituntut memiliki kekuatan namun tiba-tiba dia tidak dapat.

Film ini juga menampilkan karakter yang mendapatkan tekanan harus sempurna dan kuat, namun dalam hatinya rapuh, Yup, dia adalah karakter Luisa, anak paling tua yang jadi tumpuan. Di film ia menyanyikan lagu berjudul “Surface Pressure”, iramanya catchy dan liriknya mengena di hati. Kemudian ada karakter Isabela yang dituntut cantik dan harus segera menikah, supaya mendapatkan keturunan dengan kekuatan baru. Lagu apiknya lainnya yang akan terngiang-ngiang setelah menonton film ini ada “We Don’t Talk About Bruno”.

Untuk animasi, jangan diragukan lagi lah ya Disney, semua terlihat cantik dan apik. Terkadang saat menonton saya berpikir, ini karakter manusianya seperti orang sungguhan. Saya baru sadar baju dan pita yang dikenakan karakter Dolores ada motif gelombang suara, sesuai dengan kekuatannya yang dapat mendengar apa saja.

SINOPSIS FILM ENCANTO, FILM ANIMASI DISNEY TERBARU YANG PENUH KEAJAIBAN
Foto: Disney

Kisah keluarga yang menghangatkan, animasi yang apik, dan cocok ditonton bersama keluarga. Karakter Abuela Alma ini ‘demanding’ namun semua ada alasannnya, sekali lagi trauma masa lalu. Khawatir kejiwaaan Maribel, dari kecil dituntut punya kekuatan dan besarnya sibuk cari validasi, bayangkan merasa tidak spesial sejak umur 5 tahun, kan sedih. Walau begitu, film ini sampaikan pesan yang positif, jangan sampai melewatkan film Encanto!

Film ini sedang tayang bioskop, jangan lupa patuhi terus protokol kesehatan saat berkunjung ke bioskop.

BACA JUGA: FAKTA FILM ENCANTO, FILM ANIMASI DISNEY TERBARU 2021

Jangan lupa follow media sosial Apabedanya.com di Instagram @apabedanyacom dan Twitter @apabedanyacom untuk mendapatkan update perbedaan dan perbandingan segala hal. Menghadirkan juga konten budaya pop, lifestyle, internet, kesehatan, teknologi, hingga life hacks.

Baca artikel lainnya dari Tri Wahyudi Apabedanya.com di sini! 

Apabedanya.com merupakan situs independen, bantu dan dukung kami untuk meracik konten lebih baik lagi. Kamu bisa memberikan tip melalui tautan ini. 

Hola, I'm Yudi! a content and social media specialist. I write articles about movies, TV series, music, pop culture, Pokémon, travel, food, life hacks, lifestyle, and digital marketing.

Post a Comment

You don't have permission to register
error: Content is protected !!