Tepat tanggal 18 Desember 2015 ini Penyanyi asal Amerika Serikat “Christina Aguilera” atau yang akrab di panggil Xtina merayakan ulang tahun ke 35 Tahun, yuk simak evolusi musik video Christina Aguilera dari masa ke masa

“Genie In a Bottle”

Setelah sukses mengisi soundtrack di film animasi Disney “Mulan” , Christina merilis album debut berjudul self-titled, lagu “Genie In a Bottle” langsung melambungkan nama Christina sebagai penyanyi remaja dan sukses menduduki posisi teratas chart Billboard HOT 100 selama 4 minggu. di Album ini Christina pun meraih piala Grammy Awards untuk kategori Best New Artist mengalahkan Britney Spears.

“Lady Marmalade”

Menghilangkan citra artis jebolan Disney, Christina mencoba menyisihkan citra good girl-nya dan memulai memperkenalkan tampilan yang provokatif di lagu “Lady Marmalade” untuk soundtrack  Moulin Rouge! (2001), berkolaborasi dengan empat penyanyi P!nk, Mya dan Lil Kim. Lagu ini pun berhasil menyumbangkan piala Grammy kedua untuk Christina Aguilera, kali ini untuk kategori Best Pop Collaboration with Vocal.

“Beautiful”

Lagu mengenai self-empowerment dan inner beauty ini mengisi album Stripped (2002), dan sukses menduduki chart no 2 di Billboard HOT 100. Lagu yang awalnya di minta oleh P!nk untuk album Mizzunderstood (2000) namun di tolak oleh Linda Perry karena menyimpan lagu ini untuk proyek pribadinya tetapi setelah mendengarkan Christina menyanyikan lagu dengan iringan piano, Linda Perry memutuskan lagu ini memang diperuntukkan untuk Christina. Terbukti lagu nya pun mendapatkan tanggapan positif dari kritikus seluruh dunia dan masuk daftar 100 lagu terbaik era 2000an. Di lagu ini Christina mendapat piala Grammy untuk kategori Best Female Pop Vocal Performance.

“Hurt”

Paska citra provokatif nya Christina kembali dengan tampilan retro dan klasik di album Back to Basics (2006) lagu Hurt menjadi single ke-2 setelah Ain’t No Other Man. Lagu Hurt mengukuhkan eksistensi Christina di blantika musik eropa, terbukti lagu ini berhasil mencapai posisi teratas di chart Hot 100 Europe.  Lagu ini dibuat oleh Linda Perry, Christina Aguilera serta Mark Ronson.

“Keeps Gettin’ Better”

Setelah sedekade berkarir di industri musik Christina merilis album kompilasi dari hits terbaik nya bertajuk Keeps Gettin’ Better: A Decade of Hits (2008), memberikan 2 lagu baru Keeps Gettin’ Better Better dan Dynamite, serta lagu Genie in a Bottle dan Beautiful yang di remix bergaya elektronik pop yaitu Genie 2.0 dan You Are What You Are (Beautiful).

“Not Myself Tonight”

Setelah membintangi film Burlesque (2010) bersama Cher, Christina merilis album bergenre elektropop berjudul Bionic (2010) . Not Myself Tonight dijadikan single pertama namun tidak sesukses single -nya pada album terdahulu nya hanya menduduki posisi 23 di Billboard HOT 100. Dalam pengerjaan album ini, Christina aguilera berkolaborasi dengan nama-nama baru seperti Sia Furler, M.I.A, dan Ladytron.

“Your Body”

Paska cerai dengan Jordan Bratman pada tahun 2010 mencoba bangkit untuk memproses album baru nya yang di rilis tahun 2012 berjudul Lotus. Di lagu “Your Body” Christina bekerja sama bersama Savan Kotecha Max Martin Shellback Tiffany Amber, namun lagu bergenre Dance electropop ini hanya menduduk posisi 43 pada Billboard Hot 100 dan posisi 16 di UK Single.

“Say Something”

Di tahun 2014 Christina Aguilera berkolaborasi dengan band duo A Great Big World di lagu Say Something, lagu bernuansa sendu ini langsung mendapatkan beragam review positif dari para kritikus musik dan menduduki posisi 4 di Billboar Hot 100. Christina sukses membawa A Great Big World terkenal seluruh dunia lewat lagu ini dan juga mendapatkan piala Grammy untuk Kategori Best Pop Duo/Group Performance.

Happy Birthday Christina Aguilera! : ))

 

Image source: christinaaguilera.com

Baca juga:

Deretan Penyanyi Yang Terinspirasi Christina Aguilera

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here