Bagaimana cara mengembalikan akun Instagram yang dihack? Kejadian ini dialami oleh akun saya sendiri. Mengelola 4 akun Instagram namun akun sendiri tidak terurus dan akhirnya menjadi santapan para hacker iseng.

Pada Rabu (29/08), Selepas makan siang saya membuka aplikasi Instagram di ponsel namu tiba-tiba tampilan keluar atau log out. Saya pun mencoba log in kembali dengan username dan password, namun akun tidak ditemukan.

Bingung dan panik, akhirnya saya mencoba mengecek via desktop Instagram.com/yudichu dan akun tidak ditemukan. Bergegas mengecek e-mail Yahoo yang saya daftarkan akun Instagram lewat ponsel, awalnya ada e-mail berisikan penggantian alamat e-mail dan password. Saya segera klik e-mail tersebut namun tiba-tiba menghilang dan dicari di folder trash tetap tidak ada.

Hacker sudah membobol akun Instagram dan e-mail saya!

Dengan segera saya mengganti password untuk e-mail Yahoo agar tidak terjadi ekstra pembobolan di akun media sosial lainnya. Penasaran kemana akun saya menghilang, saya mencoba mencari tagar #yudichu karena ada foto-foto lama yang saya unggah dengan caption tersebut.

 

Alhasil saya menemukan akun saya yang sudah diubah usernamenya menjadi @garghailee. Akun tersebut berisi foto-foto saya namun terubah avatar dan bio semua dihapus. Saya iseng forgot password dengan username garghailee, dan muncul pada gambar di bawah. E-mail asal Rusia.

Mencoba mengontak tim Instagram!

Di hari yang sama saya mencoba mengontak tim Instagram. Lewat Twitter tidak akan digubris, lewat e-mail sudah tidak bisa.  Berdasarkan Instagram Help Center, kita disarankan log in lewat Facebook (Jika Facebook didaftarkan) dan kebetulan saya tidak terkoneksi ataupun two way verification untuk mengirimkan kode ke no ponsel yang didaftarkan. Bodohnya, saya sangat malas mendaftarkan no ponsel ke akun Instagram.

Jalan buntu, saya mencoba mencari pengalaman orang-orang yang akun Instagram-nya dihack di internet. Beragam blog dan vlog memberikan tips dan trick-nya hingga akhirnya saya mencoba melaporkan lewat aplikasi depan. Klik forgot password, kemudian muncul trouble loggin in? berisikan kotak username atau phone. Nah yang diklik adalah Need More Help.

Entah mengapa di ponsel saya (iPhone 5s) saat klik Need More Help, tidak tampil layar ungu untuk melaporkan ke tim Instagram seperti yang di blog ataupun vlog. Melainkan muncul Account Assistance dan berisikan apa yang harus lakukan jika kehilangan akses blah blah blah. Semakin bingung kemana layar ungu itu muncul, mencoba di ponsel Android Xiaomi bahkan tidak menemukan Need More Help.

 Semakin panik, akhirnya mencoba log in with Facebook. Dulu rasanya pernah terkoneksi dengan akun Facebook, namun tiba-tiba disconnect. Akhirnya saya coba log in dengan Facebook dan alhasil malah membuat akun baru dengan Facebook dengan username triwahyudichu. E-mail akun Facebook kebetulan  sama dengan akun Instagram menggunakan Yahoo.Mau tidak mau, akun  triwahyudichu saya hapus.

Klik Need More Help Lagi dan Muncul Request Support

Iseng, saya pun mencoba klik Need More Help lagi dan secara ajaib layar ungu pun muncul bertuliskan Request Support.  Akhirnya saya mengisikan kronologi akun yang dihack ke tim Instagram. Pertama kamu tuliskan e-mail yang didaftarkan, kemudian isi kontak e-mail (boleh berbeda e-mailnya in untuk tim Instagram mengontak kalian).

Kemudian pilih akun jenis apa, akun company atau perusahaan, akun personal dengan foto-foto saya dan akun personal yang tidak ada foto-foto saya. Setelah itu isi kendala yang dihadapi seperti aku lupa e-mail di akun saya, saya tahu e-mail tapi tak bisa log in, akun saya dihack, dan other. Pilih akun saya dihack dan di bawahnya ada box tambahan yang bisa kamu tulis untuk kronologi akun dihack. Agar respon lebih cepat bisa menggunakan Bahasa Inggris, tapi sepertinya mereka memiliki tim dengan Bahasa Melayu.

Setelah submit, kamu tunggu kotak masuk di e-mail yang kamu isi tadi.  Nantinya akan ada e-mail dari tim Facebook dengan subject Instagram 2Fac Support. Sebelum mereka membantu lebih lanjut, mereka  meminta konfirmasi dengan menyuruh kamu foto muka jelas dengan memegang secarik kertas bertuliskan tangan username, nama lengkap dan kode khusus yang mereka kirim di e-mail tersebut.

Setelah kita kirimkan foto dengan secarik kertas, mereka akan membalas e-mail dengan meminta kronologi, e-mail apa yang didaftarkan, no hp yang terhubung apa, username dan lain-lain. Jika semua sudah kamu jelaskan, mereka pun akan membalas dengan mengirimkan link untuk reset password.

Sayangnya saat saya mencoba cara ini, tim Facebook malah menyelamatkan akun triwahyudichu yang sempat tidak sengaja dibuat. Bukan menyelamatkan akun yudichu.  Jadi cukup complicated dan sulit menjelaskan lewat e-mail. Akan tetapi jika kalian mengalami hal serupa, segera klik Need More Help atau aktifkan no HP pada akun anda.

Hasil dari melaporkan berkali-kali lewat Need More Help, akun garghailee pun hilang dari permukaan. Saya tidak bisa menemukan akun tersebut. Kemungkinan Instagram mengamankan karena akun ini dalam proses sengketa.

Mencoba Mengontak Facebook Lewat Rekan Kerja

Setelah mengontak lewat Need More Help berkali-kali saya pun letih dan mulai putus asa. Namun saya mencoba meminta pertolongan lewat teman kerja saya Solya seorang digital marketing. Ia sudah sering mengontak orang Facebook terkait iklan untuk perusahaan saya.  Saya pun menceritakan kronologi kepada dia dan ia mengontak tim Facebook lewat chat yang dikhususkan client Facebook.

Lewat chat tersebut kemudian mendapatkan nomor antrian dan disuruh menunggu. Update berikutnya akan di e-mail. Laporan ini direquest Solya pada hari Rabu 29/8. Keesokannya ada email yang menanyakan tanggal berapa dihack, e-mail apa yang digunakan saat mendaftar, negara apa yang diduga membobol akun kita dan wajib mengirim e-mail yang secure, so saya mengirimkan e-mail kantor saja. Setelah dibalas, kita harus menunggu lagi berhari-hari. Mereka membalas di weekday, jadi harus bersabar.

Pada Rabu depannya (3/9), tim Facebook merespon email dan meminta maaf karena atas keterlambatannya. Mereka sedang melakukan validasi lebih dalam. Setelah itu di hari Jumat (7/9), mereka merespon kembali dengan meminta Government ID untuk proses verifikasi dan tanpa ragu saya mengirimkan foto KTP lewat e-mail.

Nah setelah mengirimkan KTP, akun garghailee tiba-tiba muncul ke permukaan. Mungkin ini pertanda, tim Facebook sedang dalam proses pengembalian akun saya. Itu hari Sabtu (8/9), jadi saya cerita ke Solya dan dia baru bisa follow up tim Facebook di hari Senin.

Puncaknya pada hari Selasa (11/9), tim Facebook selesai dan melakukan verifikasi. Mereka mengirimkan reset password ke e-mail kantor saya.  Segera saya ubah password, e-mail, masukkan no HP dan mengaktifkan two way verification. Akhirnya akun yudichu bisa saya raih kembali selama 2 minggu diubah orang username, kemudian hilang, kemudian muncul lagi.

Berikut pengalaman Instagram saya yang dihack dan bagaimana mengembalikannya. Intinya jangan panik dan pastikan e-mail untuk akun Instagram ada di ponsel kamu untuk segera cek jika ada aktifitas log in yang mencurigakan.

Nah yang lebih aman, masukkan no HP di akun Instagram dan aktifkan two way verification di mana ketika ada yang log in dengan akun kamu harus mengisi kode yang dikirimkan lewat SMS, jadi lebih aman. Selain itu, password pastikan ada huruf besar dan  angka agar tidak mudah ditebak. Semoga cerita di atas bermaanfaat.

Terima kasih kepada Tim Facebook dan Solya yang telah membantu. Xoxo.

Baca juga: Cara Membuat Channel dan Upload Video Vertikal di IG TV

1 KOMENTAR

  1. Halo.. terimankasih atas infonya. Akun saya juga dihack tadi malam tapi sampai saat ini pihak instagram belum menindaklanjuti laporan saya. Apakah memang selambat itu tespon darinpihak instagram? Kira2 butuh berapa lama untuk bisa mengembalikan akun yang telah dihack? Terima kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here