Cara-Cara Mencengah Sakit Flu, Pantau Kesehatan dengan Aplikasi SehatQ

CARA-CARA MENCENGAH SAKIT FLU, PANTAU KESEHATAN DENGAN APLIKASI SEHATQ

Apabedanya.com – Musim sedang tidak menentu, bisa tiba-tiba hujan, kemudian terang benderang. Kita pun harus giat menjaga kekebalan tubuh agar tidak terkena flu (influenza), banyak cara untuk mencegah sakit flu. Nah sebelumnya memberikan cara-cara mencegah influenza, simak dulu penjelasan penyakitnya di bawah ini!

Apa itu Flu (Influenza)

Penyakit flu atau influenza merupakan infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan, seperti  hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Untuk beberapa orang, flu akan sembuh sendirinya. Namun flu dan komplikasinya juga dapat menjadi penyakit kritis mematikan loh.

Flu sendiri disebabkan oleh virus yang menyebar melalui udara atau partikel ketika seseorang berbicara, batuk, atau bersin. Virus tersebut juga dapat menyebar lewat objek, seperti gagang pintu, ponsel, keyboard komputer, dan lain-lainnya. Jadi kita jangan lengah ya!

Berikut Cara-Cara mencegah sakit Flu

Ada banyak cara untuk menghindari penyakit flu, setidaknya kita harus mengurangi risiko dan penyebarannya. Simak yuk supaya kamu dan keluarga tetap sehat di masa pandemi ini. 

Vaksinasi Flu

Yang pertama ada vaksinasi flu, vaksin untuk satu tahun ini mengandung perlindungan dari tiga atau empat virus influenza. Vaksinasi flu tersedia dalam bentuk suntikan. Sebagian besar jenis vaksin flu mengandung sedikit protein telur. Namun jika kamu memiliki alergi telur, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.Vaksin influenza tidak akan melindungi tubuh seratus persen.

Mencuci tangan

CARA-CARA MENCENGAH SAKIT FLU, PANTAU KESEHATAN DENGAN APLIKASI SEHATQ
Foto: Unsplash/Kristine Wook

Tidak pernah bosan mengingatkan untuk mencuci tangan. Walaupun kamu merasa sudah bersih, tapi kamu tidak sadar berjabat tangan dengan siapa, memegang tombol lift, memegang pintu mobil, ataupun memegang struk dan uang kembalian. Jadi jangan lupa cuci tangan dengan sabun dan air mengalir ya. 

Menutup mulut dan hidung ketika bersin dan batuk

Sepele sih, namun penting untuk menutup mulut dan hidung ketika bersin dan batuk supaya virus tidak semakin menyebar. Kamu tidak ingin dicap penyebar penyakit dong, jadi biasakan menutup mulut ya, baik di luar rumah ataupun di dalam rumah. 

Menghindari kerumunan jika diperlukan

Di saat pandemi ini memang PPKM sudah dilonggarkan, namun jika tidak ada keperluan yang penting atau urgent, mungkin kamu bisa di rumah saja. Menghindari kerumunan bisa menjadi salah satu cara menghindari flu. 

Cara Mengobati Flu

Tanda-tanda terkena flu biasanya diawali dengan pilek, bersin, dan sakit tenggorokan. Pilek biasanya berkembang lambat, sedangkan flu cenderung datang secara tiba-tiba. Gejala umum flu diantaranya demam lebih dari 38 c, pegal, menggigil dan berkeringat, nyeri kepala dan nyeri otot, batuk kering atau berdahak, lelah dan lemah, kemudian hidung tersumbat dan umumnya tenggorokan sakit. 

Untuk mengobati flu, umumnya cukup istirahat di rumah, serta makan sayur dan buah. Namun jika kamu mengalami gejala flu seperti hidung terasa panas dan berisiko mengalami komplikasi, segera konsultasikan dengan dokter. 

Bingung harus konsul ke siapa saat di rumah? Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter langsung di aplikasi SehatQ yang tersedia di Google Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iPhone. 

Tim SehatQ juga menyajikan informasi kesehatan dengan referensi yang jelas dan kredibel, jadi kamu ga perlu khawatir.  Oh iya mereka juga menyediakan platform komunitas bagi pengguna untuk bertukar informasi dan saling mendukung dalam perjalanan kesehatannya, dan menghubungkan pasien dengan tenaga medis maupun penyedia layanan kesehatan. 

BACA JUGA: MAKAN SEHAT DAN ENAK DI RESTO SOMAYOGA VEGAN JOGJA

Jangan lupa follow media sosial Apabedanya.com di Instagram @apabedanyacom dan Twitter @apabedanyacom untuk mendapatkan update perbedaan dan perbandingan segala hal. Menghadirkan juga konten budaya pop, internet, kesehatan teknologi, hingga life hacks.

Baca artikel-artikel lainnya dari Tri Wahyudi Apabedanya.com di sini! 

Foto header: Unsplash/Towfiqu barbhuiya

Hola, I'm Yudi! a content and social media specialist. I write articles about movies, TV series, music, pop culture, Pokémon, travel, food, life hacks, lifestyle, and digital marketing.

Comments
  • Dulu sebelum pandemi melanda, kayaknya aku atau anak2 paling seriiiing kena flu. Cuaca jelek dikit, langsung flu.

    Tapi begitu pandemi masuk, semuanya dipaksa untuk selalu jaga kebersihan dan meningkatkan imunitas dengan makan yg bener, viatamin, buah diperbanyak, olahraga dll. Trus belum lagi kebiasaan cuci tangan tiap menyentuh sesuatu yg ga yakin bersih. Pake masker dll. Hasilnya, selama pandemi Alhamdulillah belum ada yang sakit hingga skr. Jadi kesimpulannya, memang flu ini tergantung banget dengan cara kita menjaga kebersihan, pola makan dan suplemen vitamin 🙂 . Vaksinasi kalo perlu. Aku sendiri sih tetep pro dengan vaksin 🙂

    October 11, 2021
Post a Comment

You don't have permission to register
error: Content is protected !!