Apa bedanya Pandemi, Endemi, dan Epidemi? Cari Tahu Pengertiannya

APA BEDANYA PANDEMI, ENDEMI, DAN EPIDEMI? CARI TAHU PENGERTIANNYA

Apabedanya.com – Pandemi sudah memasuki tahun ketiga, setelah mengejutkan semua orang di dunia di awal tahun 2020. Dilansir dari Detik, Indonesia diprediksi memasuki endemi. Nah pertanyaannya, apa bedanya pandemi, endemi, dan epidemi? Yuk cari tahu pengertiannya di bawah ini!

APA BEDANYA PANDEMI, ENDEMI, DAN EPIDEMI

Dikutip dari KBBI (Kamus besar bahasa Indonesia), pandemi adalah wabah yang berjangkit serempak di mana-mana, meliputi daerah geografi yang luas. Contoh pandemi ya penyebaran virus COVID-19 ini. Virus ini benar-benar merata di seluruh dunia. Semoga lekas sirna ya.

APA BEDANYA PANDEMI, ENDEMI, DAN EPIDEMI? CARI TAHU PENGERTIANNYA
Foto: Unsplash/Nick Fewings

Dikutip dari KBBI, endemi adalah wabah yang berjangkit serempak di mana-mana, meliputi daerah geografi yang luas. Contoh endemi yaitu penyakit malaria dan demam berdarah dengue (DBD), hepatitis, kusta, tuberkulosis, filariasis, dan leptospirosis.

Baca juga: Cara Mencegah Sakit Flu, Pantau Kesehatan dengan Aplikasi SehatQ

Dikutip dari KBBI, epidemi adalah  penyakit menular yang berjangkit dengan cepat di daerah yang luas dan menimbulkan banyak korban, misalnya penyakit yang tidak secara tetap berjangkit di daerah itu atau sering disebut wabah. Contoh epidemi yaitu virus Ebola di Republik Demokratik Kongo (DRC) pada tahun 2019, Avian Influenza/flu burung (H5N1) di Indonesia pada tahun 2012, dan SARS di tahun 2003.

DATA COVID-19 INDONESIA TERKINI

pandemi endemi

Simak data COVID-19 Indonesia terkini berdasarkan situs Covid191.go.id. Update per tanggal 17 Maret 2022, kasus positif 5.939.082 orang, kasus sumbuh 5.523.393 dan yang meninggal dunia 153.212. Belum resmi endemi, patuhi terus protokol kesehatan dengan menggunakan masker saat berjumpa dengan orang, mencuci tangan dengan sabun yang rutin, makan makanan yang sehat dan bergizi, serta minum vitamin.

Jangan lupa follow media sosial Apabedanya.com di Instagram @apabedanyacom dan Twitter @apabedanyacom untuk mendapatkan update perbedaan dan perbandingan segala hal. Menghadirkan juga konten budaya pop, lifestyle, internet, kesehatan, teknologi, hingga life hacks.

Baca juga artikel lainnya dari Tri Wahyudi di Apabedanya.com!

Apabedanya.com merupakan situs independen, bantu dan dukung kami untuk meracik konten lebih baik lagi. Kamu bisa memberikan tip melalui tautan ini. 

Baca juga: Langkah-Langkah Tetap Sehat dan Bugar di Masa Pandemi

*Foto header Unsplash/Maximeutopix

Hola, I'm Yudi! a content and social media specialist. I write articles about movies, TV series, music, pop culture, Pokémon, travel, food, life hacks, lifestyle, and digital marketing.

Post a Comment

You don't have permission to register
error: Content is protected !!