Paska terjadinya serang di kota Paris, banyak ucapan, doa dan dukungan beragam di internet khususnya di sosial media. Tak terkecuali gambar gambar yang di sebar di sosial media untuk menggambarkan perasaan atas tragedi di Paris, namun ada yang berbeda dengan simbol Peace for Paris yang banyak di share oleh orang orang di sosial media. Siapakah yang membuatnya?

Dia adalah Jean Jullien, Desainer grafis berusia 32 tahun ini mengunduh simbol peace for paris ke akun Instagram dan Twitter nya pada jumat lalu setelah serang teror yang memakan ratusan korban.

“Itu adalah hal paling spontan, saya mendengar berita di radio dan muncul lah perasaan tulus ini” Jullien mengatakan kepada CNN.

Ia juga mengatakan “Saya ingin mengambar sesuatu yang dapat menyimbolkan kedamaian dan solidaritas, dan saya ingin sesuatu yang berkonteks dengan Paris”

Peace for Paris

A photo posted by @jean_jullien on


Gambar sederhana dengan kombinasi simbol perdamaian dan menara Eifell ini pun langsung menyebar di beragam platform sosial media sebagai dukungan atas serangan di Paris ini, Bahkan orang orang pun menggunakan gambar ini di poster, kaos dan lain lain.

Tanggapan publik yang luar biasa tidak membuat Jullien bangga ataupun senang, karena ini merupakan masa kelam dan mengerikan, tetapi ia senang banyak yang menggunakan gambar nya sebagai dukungan.

Jullien pun mengatakan ia berpikir bahwa peran sosial dari grafis ini benar-benar luar biasa kuatnya.

“Banyak orang yang berpikir seni grafis hanyalah hal biasa yang dijual seperti mobil atau produk iklan. Akan tetapi, sesungguhnya seni grafis merupakan sarana untuk menyampaikan ekspresi yang melampaui kata-kata.” Ujar Jullien

Terkadang kata-kata sulit untuk diterjemahkan. “Semakin sederhana gambar akan semakin baik, dan semakin mudah dipahami secara universal.” Begitulah anggapan sang desainer grafis yang memiliki studio di London.

Sumber CNN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here