Apa Saja Tugas Public Relation? Gali Ilmu Hubungan Masyarakat di Kelas Skill Academy

APA SAJA TUGAS PUBLIC RELATION? GALI ILMU HUBUNGAN MASYARAKAT DI KELAS SKILL ACADEMY

Apabedanya.com – Bagi fresh graduate lulusan komunikasi/ public relation atau kamu yang ingin mendalami ilmu hubungan masyarakat, cocok banget nih untuk menggali lebih dalam ilmu hubungan masyarakat dengan mengikuti kelas Skill Academy by Ruang Guru. Supaya nanti kamu lebih siap untuk bekerja langsung di perusahaan impian. Seperti apa kelasnya? Intip yuk! 

Pentingnya Peran Public Relation di Perusahaan

Keberadaan tim public relations di sebuah perusahaan merupakan posisi yang penting hingga saat ini. Tidak hanya sebagai wajah dari perusahaan, public relations juga berperan sentral dalam menjaga kepercayaan khalayak. 

Apalagi dengan perkembangan teknologi yang sangat pest dan arus informasi semakin cepat, karena semakin banyak yang menggunakan media sosial. Terpaan kabar hoax juga semakin merajalela. Di situlah peran public relations yang menjadi tamen dari perusahaan.

Tugas Public Relation

Kemampuan menganalisa data menjadi salah satu kompetensi penting yang perlu dikuasai, karena manajer hubungan masyarakat dituntut untuk bisa melakukan riset terkait program dan aktivitas yang akan dijalankan.

Selain itu, seorang manajer humas juga harus bisa menjaga hubungan baik dengan semua stakeholder-nya, kreatif dalam membuat event terkait perusahaan, cekatan dan loyal saat menghadapi rekan-rekan media, memiliki ide-ide inovatif untuk menciptakan program sosial yang bermanfaat untuk masyarakat luas, serta piawai saat menangani isu, krisis, dan juga opini publik.

Tujuan Mengikuti Kelas Public Relations di Skill Academy

Apa Saja Tugas Public Relation? Gali Ilmu Hubungan Masyarakat di Kelas Skill Academy yudichu apabedanyacom ruang guru tugas public relation

Para peserta belajar dapat merencanakan, mengatur, dan menjalankan kegiatan Humas perusahaan di bawah petunjuk pimpinan untuk membangun dan menjaga citra baik perusahaan sesuai dengan standar perusahaan. Jadi benar-benar dibimbing supaya bisa langsung terjun ke tempat kerja. 

Tak hanya untuk fresh graduate lulusan public relation/komunikasi, pekerja level staff dan supervisor di bidang hubungan masyarakat.  Masyarakat umum yang tertarik dengan hubungan masyarakat bisa banget ikutan situs pelatihan kerja ini. 

Kelas Membangun Reputasi Perusahaan dan Kepercayaan Publik untuk Manajer Hubungan Masyarakat

Bagi kamu fresh graduate lulusan public relation atau komunikasi pasti sudah familiar dengan detail latihan di bawah ini, supaya makin mantap nantinya kamu akan diberikan project yang biasa dikerjakan tim public relations di setiap perusahaan. Apa saja sih detail latihannya? Intip di bawah ini!

Membuat perencanaan program Humas

Menyusun anggaran dan laporan keuangan

Menjalin hubungan dengan media

Melaksanakan monitoring media

Melaksanakan special event

Membuat dan melaksanakan konferensi dan siaran pers

Melaksanakan manajemen isu dan krisis

Melakukan lobby dan negosiasi

Melaksanakan kampanye PR

Melaksanakan program SR dan community development

Menyelenggarakan digital PR

Instruktur yang Berpengalaman di Bidangnya

Penasaran pengajarnya siapa aja? Nah dalam Kelas Membangun Reputasi Perusahaan dan Kepercayaan Publik untuk Manajer Hubungan Masyarakat, kamu akan dipandu oleh profesional yang sudah mahir dan jago hubungan masyarakat. 

Anggini Setiawan (Head of Corporate Communication Ruangguru)
Anggini Setiawan adalah seorang Head of Corporate Communication Ruangguru. la telah menyelami bidang hubungan masyarakat secara profesional selama lebih dari 12 tahun. la juga memiliki skill dalam Strategic communication, Stakeholders engagement dan digital marketing communications.

Apa Saja Tugas Public Relation? Gali Ilmu Hubungan Masyarakat di Kelas Skill Academy yudichu apabedanyacom ruang guru tugas public relation

Bangkit Pratama (CSR Expert)

Bangkit Pratama adalah seorang sustainability enthusiast, dengan latar belakang pendidikan profesi pekerjaan sosial profesional berfokus pada bidang industri. la telah berkecimpung selama enam tahun sebagai praktisi CSR dalam satu grup perusahaan swasta terbesar nasional.

Reza Marta Fawzy (Trainer Personal Development)

Reza Marta Fawzy merupakan trainer Skill Academy yang sudah lama berkecimpung di dunia komunikasi dan media. la mengawali karirnya sebagai jurnalis di salah satu stasiun televisi nasional terbesar, dan sekarang sedang menjabat sebagai Marketing Communication Manager di sebuah financial technology startup. Selama berkecimpung di dunia komunikasi, ia mengakui skil negosiasi sebagai skil yang esensial dalam kehidupannya, entah kehidupan sehari-hari maupun kehidupan berkarir.

Marsya Gusman (Founder Womenpedia Network)

Marsya Gusman adalah seorang founder dari Womenpedia Network. Saat ini la juga aktif di Rumah Millennials sebagai Ketua Bidang Pariwisata. Bersama timnya, la membantu pengembangan bisnis UMKM dari sisi branding, marketing, strategi media sosial, dan tentunya public relations. Saat kuliah di Melbourne Institute of Business and Technology, la pernah mendapatkan Highest Achiever in Public Relations.

Mita Agustina (Content Marketing & Community Manager)

Mita Agustina merupakan lulusan dari Administrasi Bisnis Universitas Padjajaran tahun 2005. la telah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang Public Relations & Content Marketing. la terbiasa menangani siaran pers, blog, influencer relations, social media, dan PR campaign. Karirnya diawali sebagai Media Relations Officer di Global TV, PR di Tupperware Indonesia, PR Executive Manager di Rumah.com, dan kin la menjadi Branding & Marketing Communication Manager De Heus Indonesia.

Keren-keren kan instrukturnya! Jadi jangan sampai kelewatan deh kelas hubungan masyarakat di Skill Academy. Kamu bakal dapat ilmu yang bermanfaat untuk karir kamu ke depannya dari para profesional. 

Eh ada kelas apa lagi sih? Jangan lupa pantau media sosial Skill Academy untuk tahu kelas apa aja yang dipromosikan setiap harinya. 

Baca juga:

Fitur-Fitur Terbaik Brain Academy dari Ruang Guru

Cari Aplikasi Belajar Online? Simak Keunggulan dari Ruang Belajar 

*Foto header Unsplash/KrakenImages

Hola, I'm Yudi! a content and social media specialist. I write articles about movies, TV series, music, pop culture, Pokémon, travel, food, life hacks, lifestyle, and digital marketing.

Post a Comment

You don't have permission to register
error: Content is protected !!