Jepang memang surganya anime, manga dan game. Tidak heran banyak yang tergila-gila dengan budaya pop dari negara matahari terbit ini. Bagi kamu pecinta budaya Jepang pasti pernah mendengar kata Otaku dan Wibu alias Weeabo. Yuk simak perbedaannya di bawah ini:

Apasih Perbedaan Otaku dan Wibu?

Otaku merupakan istilah bahasa Jepang yang digunakan untuk menyebut orang yang betul-betul menekuni hobi.Sejak paruh kedua dekade 1990-an, istilah Otaku mulai dikenal di luar Jepang untuk menyebut penggemar berat subkultur asal Jepang seperti anime dan manga, beberapa orang bahkan menyebut dirinya sebagai Otaku.

Contoh Otaku, seseorang yang suka menggambar komik, ia menekuninya dan menjadi seorang komikus profesional. Orang–orang yang serius akan hobinya (tidak melulu anime dan game) hingga menjadi sesuatu yang ia inginkan, merupakan sisi positif dari seorang Otaku.

Nah sementara Wibu merupakan istilah yang diberikan untuk orang-orang asing yang tinggal diluar Jepang dan sangat menggemari sampai terobsesi dengan segala hal berbau Jepang. Para wibu menganggap jika budaya Jepang dan segala bentuk kehidupan di sana adalah bentuk budaya yang paling baik, bahkan ia mengkritisi budaya sendiri.

Contoh Wibu, seseorang yang menggunakan kosakata Jepang ke percakapan sehari-hari. Terkadang ada yang menggabungkan kosakata Jepang dengan bahasa lain. Contoh lainnya, ia terobsesi dengan anime dan ingin memiliki pacar yang mirip dengan karakter anime. Lewat contoh ini terlihat Wibu lebih ekstrim dari pada Otaku.

Nah bagaimana menurut kamu? Punya pendapat lain tentang Otaku dan Wibu? Tulis di kolom komentar ya.

Baca juga:

5 Alasan Nonton Kimi No Na Wa / Your Name

15 Kostum Halloween Seleb Hollywood Terbaik 2018

Foto: anime-expo.org

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here