source: https://pixabay.com

Semakin hari semakin banyak saja cara pembayaran untuk bertransaksi, dari uang tunai hingga yang berbentuk kartu pun ada. Bukan hanya untuk berbelanja, untuk pembayaran di Gerbang tol pun sudah bisa dilakukan dengan kartu yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri. Iya, kartu elektronik atau uang eletronik, yang lebih akrab disebut dengan e-money. Bukan hanya e-money, ada juga yang etoll card dan indomaret card.

Apa bedanya membayar tol dengan uang tunai dengan uang elektronik? Tentu ada perbedaannya, selain kalian tidak perlu menerima uang kembalian lagi dari petugas. Dengan kartu elektronik ini, kalian bisa mempercepat proses transaksi di Gerbang Tol Otomatis yang hanya tinggal sekali tempel/ tap kartu ke alat pembayaran dan otomatis portal pada gerbang tol akan terbuka. Tidak jauh berbeda prosesnya dengan kalian yang ingin menggunakan di Trans Jakarta ataupun Commuter line.

Sedangkan kalian yang membayar dengan uang tunai akan memakan waktu yang agak lama, seperti mencari uang pas dulu di dompet. Jika tidak ada uang pas, dengan terpaksa harus memberikan uang dengan nominal yang ada ke petugas dan petugas baru memberikan lagi uang kembaliannya, lebih lama bukan?

Dengan menggunkan kartu elektronik, kita juga sudah membantu program Gerakan Nasional Non Tunai dari Bank Indonesia, loh. Kartu elektronik ini, baik e-money, etoll card, dan indomaret card sudah bisa digunakan disemua Gerbang Tol. Bukan hanya di tol dalam kota dan dapat di isi ulang di gerbang tol tertentu. Apa kalian sudah memiliki salah satu dari kartu elektronik ini?

Penulis: Oky Maulana

Editor: Tri Wahyudi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here