Air terjun Coban Rondo

Jika berkunjung ke kota Malang Jawa Timur pasti destinasi wisata yang identik adalah perkebunan apel dan museum angkut yang sedang hits itu. Tak banyak yang tahu tempat wisata yang satu ini, air terjun Coban Rondo. Air terjun ini berlokasi di kota Batu tepatnya di kecamatan Pujon.

Air terjun dengan ketinggian 84 meter ini memiliki cerita legenda dibaliknya. Legenda itu Dewi Anjarwati dari Gunung Kawi dan Raden Baron Kusumo dari Gunung Anjasmoro yang jatuh cinta dan memutuskan untuk mengikat janji dalam pernikahan.Baru beberapa hari menikah Dewi Anjarwati mengajak suaminya ke rumah orang tua mereka di Gunung Anjasmoro.Menurut tradisi Jawa kuno, pasangan pengantin baru dilarang bepergian sebelum usia pernikahan mencapai selapan. Hal ini bisa mendatangkan kesialan tetapi keduanya tetap bersikeras pergi.

Di tengah perjalanan, Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusumo bertemu dengan Joko Lelono. Joko terpikat kecantikan Dewi Anjarwati dan menantang Raden Baron Kusumo bertarung untuk memperebutkan Dewi Anjarwati. Sang istri diminta untuk sembunyi di balik air terjun sembari menunggu suaminya datang menjemput.Raden Baron Kusumo dan Joko Lelono tewas dalam pertarungan. Janji Raden Baron Kusumo untuk menjemput istrinya tak bisa dipenuhi. Tinggallah Dewi Anjarwati yang menjanda meratapi nasibnya di balik air terjun. Coban sendiri berarti air terjun sementara Rondo adalah janda.

Perjalanan menuju ke air terjun Coban Rondo memang cukup sulit kecuali kamu membawa kendaraan pribadi, tapi jangan sedih karena akan saya berikan tips menuju air terjun Coban Rondo dengan angkutan umum. Jika kamu dari Malang cari angkutan umum arah terminal Batu, nah dari terminal Batu naik angkot BNK bilang turun di Coban Rondo yang ada patung sapi nya, ongkosnya sekitar Rp 5.000. Kemudian dari sana kamu harus naik ojek karena kalau untuk jalan kaki sangat jauh. Untuk cari aman sebaiknya kamu menyuruh ojek menunggu agar lebih mudah pulangnya. Biaya hasil tawar menawar Rp 40.000 untuk bolak-balik.

Maze 🏃🏻 #vsco #vscocam #maze #labyrinth

A post shared by Yudi (@yudichu) on

Untuk masuk ke wisata air terjun Coban Rondo dikenakan biaya sebesar Rp 15.000 saja, selain ada air terjun ada wisata outbond, kafe daon coklat (dancok) serta taman labirin. Ketika menuju air terjun Coban Rondo kamu akan disambut pepohonan rindang dan udara yang dingin, serta ada beberapa monyet liar jadi berhati-hati jika sedang mau makan atau ngemil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here