source: shaunthesheep.com

The Academy Awards atau biasa disebut Penghargaan Oscar baru saja mengumumkan nominasi untuk acara nya yang ke-88 yang akan diselenggarakan pada bulan febuari 2016 nanti dan  Shaun the Sheep movie pun masuk nominasi Best Animated Feature Film, bersaing dengan film Inside Out dari Disney.

Shaun the Sheep movie sendiri  merupakan produksi Aardman animations dari Inggris, film yang di adaptasi dari serial tv ini dirilis pada awal tahun 2015 lalu serta disutradarai  dan ditulis oleh Richard Starzak and Mark Burton.

Di film ini menceritakan tentang kebosanan Shaun dengan kesehariannya dan ingin libur sehari dari rutinitas domba ternak, Shaun pun merencanakan untuk menidurkan petani di sebuah caravan (sejenis kendaraan yang dilengkapi untuk tempat tinggal, biasanya ditarik oleh mobil dan digunakan untuk liburan) namun caravan tersebut  longsor dan bergerak menuju kota besar.

Bitzer pun mengejar caravan hingga kota, namun sesampainya di kota sang petani mengalami hilang ingatan dan kebingungan siapakah dia? Apa pekerjaannya? Ketika dia kabur dari rumah sakit ia melewati sebuah salon dan mencoba mencukur salah satu rambut selebriti seakan mencukur bulu-bulu domba, Selebriti itu pun suka dengan potongannya dan petani pun menjadi karyawan salon dan dikenal sebagai Mr. X

Shaun dan domba domba lain sadar tanpa petani mereka tidak bisa hidup, mereka pun menyusul ke kota mencari petani, namun bertemu dengan penangkap binatang liar, shaun pun tertangkap bersama anjing liar lainnya. Di tempat penangkapan ia bertemu Bitzer yang ditangkap juga, teman-teman domba pun menyelamatkan mereka keluar.  Nah di sini lah petualangan mereka bagaimana mengembalikan ingatan sang petani dan bisa membawa nya pulang.

Shaun the Sheep merupakan animasi stop motion, yang mana teknik animasi yang secara fisik memanipulasi obyek yang muncul untuk bergerak sendiri. Objek tersebut bergerak sedikit demi sedikit antara frame di foto secara individual, menciptakan ilusi gerakan ketika serangkaian frame dimainkan sebagai urutan yang berkelanjutan.

Shaun the Sheep Movie juga mendapatkan beberapa review positif, salah satunya dari Rottentomatoes yang memberikan skor 99% dari 144 kritik, sementara ,metacritic pun memberikan skor 81 dari 100 berdaskarkan 30 kritik, Jadi sangat layak jika masuk nominasi piala Oscar. Berikut kritik dari Robert W. Butler

“Haruskah kita mempertimbangkan Shaun Domba Film film seni? Ini subversif lucu. Dan menceritakan cerita tanpa satu kata dari dialog.”

Jadi sudah nonton  Shaun the Sheep Movie belum?

Image source: shaunthesheep.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here