Apa Bedanya WFH dan WFO? Simak Kelebihan dan Kekurangannya

APA BEDANYA WFH DAN WFO- apabedanyacom-leon-Oalh2MojUuk-unsplash

Setahun lebih pandemi menghantam kita, beberapa pekerja mau tak mau harus bekerja dari rumah dalam mengurangi penyebaran COVID-19. Nah mungkin ada yang bertanya-tanya apa bedanya WFH dan WFO? Berikut Apabedanya.com jelaskan kelebihan dan kekurangan dari kerja di rumah maupun di kantor!

APA BEDANYA WFH DAN WFO?

Kelebihan WFH

WFH merupakan singkatan dari work from home, keuntungan dari WFH sudah jelas yaitu hemat ongkos transportasi saat berangkat ke kantor. Jika kamu biasanya mengeluarkan biaya ojek dan taksi online, atau bensin motor dan mobil, dengan WFH kamu bisa berhemat dan tidak ada waktu yang terbuang sia-sia seperti macet-macet di jalan.

Jika kamu mahir mengatur waktu saat WFH, keuntungan lainnya kamu bisa bersantai lebih cepat, jadi bisa quality time bersama keluarga atau hewan peliharaan. Kemudian waktu bekerja bisa fleksibel dan pakaian yang dikenakan bisa bebas alias santai. Bagi introvert atau yang tidak suka terperangkap dalam ruangan, wfh bisa lebih meningkatkan kinerja dan jadi lebih kreatif.

BACA JUGA: APA BEDANYA INTROVERT DENGAN EKSTROVERT

Kekurangan WFH

APA BEDANYA WFH DAN WFO
Foto: Unsplash/Garett Mizunaka

Sementara untuk kekurangan WFH yaitu bosan saat bekerja di kamar atau di rumah. Karena jika WFOjika penat, kamu bisa ngobrol dengan rekan kerja secara langsung atau main ke pantry sekadar menghilangkan rasa bosan. Jika kamu berharap bisa hemat jajan saat WFH, eits kamu pun bisa boros karena jajan melalui aplikasi online saat di rumah.

Keuntungan WFO

WFO merupakan singkatan dari work from office, ya artinya bekerja di kantor pada umumnya. Jika membandingkan dengan WFH, WFO memiliki kelebihan lebih mudah berkomunikasi dan diskusi dengan rekan kerja ataupun klien. Terkadang ada beberapa orang yang sulit menjelaskan briefing melalui call atau video call.

Keuntungan lainnya yaitu dari sisi tim HRD, mereka dapat memantau dan evaluasi karyawan. Oh iya jka WFO, kamu terlihat lebih rapi dan disiplin dalam berpakaian. Untuk jam kerja mengikuti aturan kantor, kamu akan jarang lembur karena jam kerja bisa lebih jelas (kembali lagi ke peraturan kantor masing-masing ya).

Nah kalau kamu lebih suka kerja WFH atau WFO? Tulis pendapatmu di kolom komentar ya!

BACA JUGA: KENA PHK? COBA 4 CARA INI UNTUK MENGHADAPINYA

Foto header: Unsplash/Leon

Hola, I'm Yudi! a content and social media specialist. I write articles about movies, TV series, music, pop culture, Pokémon, travel, food, life hacks, lifestyle, and digital marketing.

Comments
  • masih enakan wfh sih bisa kerja dimana mana

    September 16, 2021
Post a Comment

You don't have permission to register
error: Content is protected !!