Apa Bedanya Introvert dengan Ekstrovert

Banyak yang bingung apa bedanya introvert dengan ekstrovert? Kalian mungkin bertanya-tanya apa perbedaan dari kepribadian ini, ketika salah satu Youtuber, Indira Kalistha mengkaitkan introvert dalam videonya yang meremehkan COVID-19. Yuk simak perbedaannya di Apabedanya.com

Apa Bedanya Introvert dengan Ekstrovert

Introvert merupakana kepribadian yang tak suka keramaian. Introvert mendapatkan gairah lewat menyendiri. Mereka biasanya cenderung pendiam, suka merenung, dan lebih perduli tentang pemikiran mereka dalam dunia mereka sendiri.  

Orang-orang dengan kepribadian introvert cenderung menutup diri dari dunia luar. Mereka analitis sebelum berbicara, merasa kurang nyaman karena terlalu banyak pertemuan dan keterlibatan sosial. Mereka lebih senang bekerja sendirian, serta lebih suka berinteraksi secara 1 on 1 interaction.

Keunggulan dari tipe kepribadian introvert ini adalah mereka berpikir dulu sebelum berbicara atau dalam melakukan sesuatu, mereka juga pendengar yang baik, dan bersikap analitis.

Sementara Ekstrovert merupakan kepribadian yang senang bersosialiasi. Mereka mendapatkan gairah atau energi dari interaksi sosial. Ekstrovert biasanya memiliki kepribadian yang terbuka dan senang bergaul, serta memiliki kepedulian yang tinggi terhadap apa yang terjadi di sekitar mereka.

 Kepribadian orang-orang ekstrovert cenderung lebih membuka diri terhadap dunia luar. Mereka menyukai keramaian, dengan banyak interaksi dan aktivitas sosial.

Tipe kepribadian ekstrovert ini lebih mudah mengungkapkan perasaan melalui kata-kata, mudah bosan dengan kesendirian, dan lebih senang bercerita daripada mendengarkan. Keunggulan dari tipe ekstrovert ini adalah kepercayaan diri, antusiasme yang tinggi, mudah bergaul, aktif, dan dapat berinteraksi dengan banyak orang sekaligus.

Nah kalau kalian yang mana nih? Introvert atau ekstrovert?

Baca juga:

Apa Bedanya Psikolog dan Psikiater

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *