Apple akhirnya membeberkan fitur iOS 13 di panggung Worldwide Developers Conference atau sering disebut WWDC 2019. Jadi apa bedanya iOS 13? Yuk kita simak fitur-fitur terbarunya.

Wakil Presiden Senior Apple Craig Federighi mengatakan, Apple akan menghadirkan peningkatan pada iOS 13 dan software ini juga menawarkan beberapa keunggulan yang lebih dari versi sebelumnya.

Fitur-Fitur Terbaru iOS 13

Performa Meningkat

Pembaruan iOS 13 ini, Apple menjanjikan Face ID akan membuka kunci 30 persen lebih cepat dan aplikasi akan terbuka dua kali lebih cepat pada iOS ini. Keren kan?

Dark Mode

Apple akan menghadirkan dark mode pada iOS 13. Semua aplikasi yang dibuat oleh Apple telah mendukung tampilan ini.

Keyboard Swipe Teranyar

Apple juga memperbarui keyboard standarnya dengan fitur baru. Fitur tersebut yaitu swipe alias geser, mirip pada keyboard SwiftKey, Swype, atau Gboard yang sudah ada. Sebutan untuk keyboard swipe ini adalah “Quick Path”.

Reminder

Apple juga menghadirkan pembaruan Reminder pada iOS 13. Apple menambahkan fungsi “Today”, “Scheduled”, “Flagged”, dan “All” sebagai pilihan penyaringan untuk menyortir tugas.

Tak hanya itu, Apple juga menghadirkan tampilan baru. Reminder ini akan terintegrasi AI, ketika pengguna mengetik pengingat otomatis memberi saran terhadap sesuatu yang ingin diingatkan.

Photos

iOS 13 juga menambahkan banyak efek pengeditan pada foto dan video. Misalnya, pengguna dapat memutar video dan menerapkan segala macam efek.

Apple juga memperkenalkan cara baru untuk menelusuri foto-foto. Apple menghapus duplikat. Sekarang ada tab Hari dan Bulan untuk menelusuri foto , dan ada juga Tahun.

Baca juga: Apa Bedanya iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max

Apple Maps

Apple benar-benar menghadirkan pembaruan baru bagi Apple Maps lewat iOS 13. Mereka dikabarkan membangun ulang aplikasi dari awal, dengan data peta yang lebih lengkap dan serupa dengan Google Street View.

Sayangnya Maps baru ini akan tersedia di kota-kota terpilih dan mulai muncul di Amerika Serikat pada akhir 2019 dan global pada 2020.

Privasi : Sign in with Apple

Apple semakin niat melindungi privasi pengguna, mengambil contoh aplikasi selalu meminta lokasi. Apple memperkenalkan Sign in with Apple.

API sederhana ini memungkinkan pengguna untuk masuk tanpa mengungkapkan informasi pribadi apa pun. Jika setiap aplikasi meminta nama dan alamat email, Apple akan membuat alamat email acak anonim yang meneruskan ke email asli.

Pesan dan Memoji Stickers

Pengguna dapat memilih untuk membagikan nama dan gambar layaknya Whatsapp. Ada banyak pilihan baru di Animoji, termasuk pilihan makeup seperti eye shadow, kacamata, kacamata hitam dan bahkan AirPods.

Stiker Memoji datang ke iOS 13, yang memberi pengguna lebih banyak pilihan untuk mempersonalisasi pesan. Stiker-stiker itu akan diintegrasikan langsung ke keyboard emoji, sehingga kita dapat menggunakannya di aplikasi selain dari Pesan bawaan dari iOS.

Multi-camera

iOS 13 memungkinkan pengguna memotret momen dengan kamera depan dan belakang secara bersamaan. Fitur ini bernama Multi-Camera, foto, video, atau audio di iPhone ataupun iPad.

Tidak semua jenis iPhone dan iPad bisa merasakan manfaat dari Multi-Camera. Dilansir dari Ubergizmo, pengguna iPhone X, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, dan iPad Pro dapat mencoba Multi-Camera.

iOS 13 versi public beta akan dirilis akhir bulan ini. Untuk iOS 13 versi final akan tersedia beberapa bulan lagi di iPhone 6s ke atas. Ini berarti iPhone 6 dan 5s tidak bisa update iOS terbaru.

Baca juga: Apa Bedanya iPhone XS, XR, dan XS Max

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here