Apa Bedanya Influencer dengan Key Opinion Leader (KOL)

APA BEDANYA INFLUENCER DENGAN KEY OPINION LEADER (KOL)

Apabedanya.com – Masih bingung perbedaan influencer dengan Key Opinion Leader (KOL)? Bagi kamu yang sedang mendalami dunia digital marketing atau sedang mencari influencer atau KOL untuk brand kamu, bisa banget mampir ke artikel ini untuk tahu penjelasannya. Simak yuk di bawah ini! 

PENGERTIAN INFLUENCER

Siapa sih influencer? Influencer adalah seseorang yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi orang lain dalam mengambil keputusan, terutama dalam melakukan pembelian suatu produk. Ini dikarenakan influencer memiliki otoritas dan hubungan yang mendalam dengan follower-nya.

BACA: CARA MENJADWALKAN KONTEN INSTAGRAM DI FACEBOOK CREATOR STUDIO

Influencer juga seseorang yang memiliki pengetahuan, wawasan, atau pengaruh tersendiri terhadap suatu bidang atau industri tertentu. Mereka menjadi pencipta tren dan memiliki suara yang kuat untuk mempengaruhi serta mengajak audiens atau follower mereka. 

Semua itu berasal dari konten-konten yang mereka ciptakan di media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, TikTok, LinkedIn, Podcast, dan lain sebagainya. Platform media sosial menjadi tempat yang mereka gunakan untuk mempengaruhi serta berinteraksi dengan para follower-nya.

APA BEDANYA INFLUENCER DENGAN KEY OPINION LEADER (KOL)
Foto: Unsplash/Diggity Marketing

Influencer dan Key Opinion Leader (KOL) sama-sama orang yang pendapatnya memberi pengaruh besar atas suatu produk, jasa, layanan, atau brand. Rekomendasi mereka sangat berpengaruh pada keinginan konsumen untuk memiliki produk yang sama. 

Influencer menghabiskan lebih banyak waktunya di dunia daring, terutama di berbagai sosial media. Dengan menggunakan media sosial,  mereka berkomunikasi dengan para follower bahkan mempengaruhi dengan berbagai konten digital yang mereka racik. 

BACA JUGA: DAFTAR UKURAN COVER HEADER MEDIA SOSIAL, TWITTER, FACEBOOK, LINKEDIN & YOUTUBE

Kepercayaan yang didapatkan influencer dari follower-nya berasal dari self-branding atau branding personal yang mereka tampilkan di setiap akun-akun media sosial. 

Influencer biasanya sangat aktif mengelola konten-konten di sosial media mereka, memiliki kemungkinan untuk punya banyak penggemar dari berbagai wilayah bahkan lebih luas. 

Influencer juga menghabiskan waktu lebih banyak di dunia daring. Aktivitas mereka lebih banyak ke promo dalam digital marketing. Mereka memutar otak untuk, membuat konten di media sosial, blog, atau YouTube,  dengan tujuan meningkatkan jumlah follower mereka sehingga bisa terus mengikuti apa yang mereka tampilkan. 

Influencer menjadi profesi atau pekerjaan utama mereka sehingga memiliki spesialisasi dalam menyebarkan pesan dengan topik yang dikuasai untuk menjangkau pasar yang lebih luas secara daring.

PENGERTIAN KEY OPINION LEADER

Key Opinion Leader (KOL) adalah seseorang yang ahli, jago, dan andal terhadap industri atau bidang tertentu sehingga pendapatnya didengar. Di dunia nyata, mereka dipercaya dan dihormati sehingga komunikasi yang terjadi lebih banyak secara langsung dengan para follower-nya. Banyak juga, KOL yang menjalin hubungan baik lewat media sosial. 

BACA JUGA: CARA MENJADWALKAN TWITTER DI DESKTOP DAN DI TWEETDECK

Karena kemampuan, pengalaman, pengetahuan, serta profesinya, maka kredibilitas KOL berasal dari kehidupannya secara nyata di suatu bidang atau industri, kualifikasi profesionalnya, serta waktu yang mereka habiskan untuk terlibat di suatu bidang tersebut.  

APA BEDANYA INFLUENCER DENGAN KEY OPINION LEADER (KOL)
Foto: Netflix

Seorang KOL tidak selalu aktif berperan sebagai influencer di media sosial, bisa juga di dunia nyata. Kepopuleran mereka hanya di wilayah terbatas, misalnya hanya di suatu daerah, kota, ataupun negara. 

Namun jika KOL yang awalnya hanya memiliki ketenaran di wilayah terbatas, kemudian mulai mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan TV, media cetak, bahkan ikut aktif di sosial media, tak menutup kemungkinan KOL ini juga berprofesi sebagai influencer.

Seorang KOL biasanya mempunyai pekerjaan full-time alias profesi mereka di dunia nyata. Mereka bisa saja seorang dosen terkenal di universitas, dokter, psikolog, pengusaha, dan lain sebagainya. Berkat profesi dan pengalamannya, membuat pendapat mereka tak lagi diragukan oleh audiens atau follower.

Banyak Key Opinion Leader (KOL) yang juga memiliki keterampilan berkomunikasi di depan umum, apa lagi mereka yang sering tampil di TV, radio, seminar-seminar, dan sebagainya. 

PERBEDAAN INFLUENCER DENGAN KEY OPINION LEADER (KOL)

Nah sudah tau kan sekarang perbedaan influencer dengan Key Opinion Leader (KOL). Kalau kamu punya pendapat lain mengenai influencer dan KOL, boleh banget tulis di kolom komentar ya. Biar sama-sama belajar!

BACA JUGA: BIKIN REPORT SOCIAL MEDIA? CARA CEK INSIGHT INSTAGRAM DI BROWSER KOMPUTER

Header foto: Searchlight Pictures

Jangan lupa follow media sosial Apabedanya.com di Instagram @apabedanyacom dan Twitter @apabedanyacom untuk mendapatkan update perbedaan dan perbandingan segala hal. Menghadirkan juga konten budaya pop, lifestyle, internet, kesehatan, teknologi, hingga life hacks.

Baca juga artikel lainnya dari Tri Wahyudi di Apabedanya.com!

Apabedanya.com merupakan situs independen, bantu dan dukung kami untuk meracik konten lebih baik lagi. Kamu bisa memberikan tip melalui tautan ini. 

Hola, I'm Yudi! a content and social media specialist. I write articles about movies, TV series, music, pop culture, Pokémon, travel, food, life hacks, lifestyle, and digital marketing.

Post a Comment

You don't have permission to register
error: Content is protected !!