Apa Bedanya Cluster dan Kavling

APA BEDANYA CLUSTER DAN KAVLING

Dalam proses pencarian rumah, sering kali kita menjumpai dua kata berikut, yaitu ‘cluster’ dan ‘kavling’. Namun, apakah kamu sudah tahu apa perbedaan dari kedua hal tersebut? Memang, keduanya berada di kawasan suatu kumpulan rumah atau biasa kita sebut dengan perumahan. Rupanya, terdapat beberapa hal yang pada akhirnya dapat membedakan keduanya. Untuk lebih jelasnya, simak apa bedanya cluster dan kavling di bawah ini!

APA BEDANYA CLUSTER DAN KAVLING

Kavling 

Menurut KBBI atau Kamus Bahasa Indonesia, kavling adalah bagian tanah yang sudah dipetak-petak dengan ukuran tertentu. Tanah yang sudah dipetak-petak tersebut dapat dibangung menjadi tempat tinggal maupun bangunan lainnya. Biasanya jenis bangunan apa saja yang dapat dibangun telah ditentukan dalam peraturan kavling saat kavling tersebut dibuat. 

Kavling memiliki beberapa jenis sesuai dengan lahan keseluruhan. Jenis-jenis kavling tersebut dapat dikenal dengan nama Kavling Cul de Sac, Kavling Interior, dan Kavling Tusuk Sate. Namun, terdapat juga jenis kavling yang tidak terlalu dikenal, yaitu Kavling Corner, Kavling Kunci (key lot), dan Kavling Bendera. 

BACA JUGA: APA BEDANYA PORTAL PROPERTI DENGAN BLOG PROPERTI?

JENIS JENIS KAVLING

Kavling Cul de Sac

CARI PROPERTI IDAMAN? SIMAK APA BEDANYA CLUSTER DAN KAVLING housing house komplek

Arti dari Cul de Sac sendiri adalah “jalan buntu”. Sehingga kavling dengan jenis ini adalah kavling yang di akhir kawasannya merupakan jalan buntu. Biasanya jenis kavling ini pada bagian depan akan lebih sempit dan pada bagian ujung jalan akan melebar. Kavling dengan jenis Cul de Sac ini tentu akan memiliki keuntungan. Karena jalan yang berakhir buntu, maka tidak akan terlalu banyak kendaraan yang melewati jalan tersebut kecuali penghuni, sehingga kawasan akan lebih terhindar dari keramaian.

Kavling Interior

Kavling interior memiliki posisi tanah dengan konsep blok. Namun, tidak seluruh tanah yang berada pada blok tersebut dapat dikatakan kavling interior. Kavling interior biasanya memiliki tanah yang mayoritas sama dengan tanah lainnya. Sebab, meski berada di satu blok (Satu deret), nama kavling akan berbeda menyesuaikan dengan tanah nya.

CARI PROPERTI IDAMAN? SIMAK APA BEDANYA CLUSTER DAN KAVLING housing house komplek

Diantara Kavling Interior, dapat dibangun jenis kavling lain dengan nama Kavling Corner, Kavling Kunci (key lot), dan Kavling Bendera. Masing-masing dinamakan sesuai dengan jenis tanahnya. Dinamakan Kavling Corner karena tanahnya berada di ujung blok, dinamakan Kavling Kunci karena posisi tanah yang terhimpit oleh bangunan lain, dan Kavling Bendera karena tanahnya dihimpit oleh bangunan lain dan berbentuk bendera. 

Kavling Tusuk Sate

CARI PROPERTI IDAMAN? SIMAK APA BEDANYA CLUSTER DAN KAVLING housing house komplek
Foto: Propsboard.com

Nama nya lebih unik dibanding kavling lain, karena terinspirasi dengan lokasi nya. Kavling tusuk sate terletak di ujung pertigaan jalan atau dapat disebut dengan T Junction. 

Cluster

Cluster adalah perumahan yang memiliki konsep berkelompok di suatu lingkungan. Yang membedakan cluster dengan kavling adalah bagaimana bangunan pada cluster tersebut berseragam atau sama. Biasanya, perumahan cluster akan dibangun oleh developer sesuai dengan tren yang sedang ada di masyarakat. Seperti desain rumah modern, maupun klasik. 

BACA JUGA: APA BEDANYA HOTEL DENGAN MOTEL?

Biasanya perumahan cluster memiliki pembatas yang tinggi di sekeliling rumah. Sehingga privasi maupun keamanan dari penghuni cluster tetap terjaga. Cluster sering kita jumpai di kawasan pemukiman maupun perkotaan. Ciri khas dari perumahan cluster adalah seluruh rumah yang berada di kawasan tersebut tidak mempunyai pagar, karena keamanan sudah dijaga pada pintu masuk maupun keluar oleh pihak dari cluster tersebut. Dengan begitu, tampak dari perumahan cluster akan lebih rapi. 

Selain itu, cluster juga dapat dibagi menjadi beberapa sub komplek. Pada tiap sub komplek akan disesuaikan dengan tipe rumah maupun lahan nya. Peminat dari cluster tergolong tinggi, karena mayoritas cluster di kota kota besar memiliki fasilitas yang lengkap, seperti clubhouse dan lain lain. 


Nah, setelah membaca tulisan diatas, kamu dapat mengerti perbedaan dari cluster dan kavling. Jadi, jangan sampai kegiatan cari properti maupun rumah menjadi terganggu karena istilah -istilah tersebut. Pastikan mengerti arti dari tiap istilah yang kamu temukan agar terjauhi dari kesalahan. Tulis juga di kolom komentar, rumah impian kamu seperti apa?

BACA JUGA: KEHABISAN TOPIK? SIMAK 5 TIPS MENCARI IDE MENULIS UNTUK BLOG

Foto header: The Jakarta Post

Hola, I'm Yudi! a content and social media specialist. I write articles about movies, TV series, music, pop culture, Pokémon, travel, food, life hacks, lifestyle, and digital marketing.

Comments
  • Tentunya masing2 kavling itu mempunyai nilai yg berbeda-beda sesuai kondisinya ya? Apakah kavling tusuk sate jadi yg termurah?

    August 28, 2021
  • Ternyata berbeda yaaa, baru tahu saya. Nice info…

    August 28, 2021
  • Nur Asiyah

    Saya kira kedua hal tersebut sama saja, baik kavling maupun cluster. Ya intinya perumahan yang cenderung seragam gitu. Kalau dilihat-lihat, berarti perumahan dekat rumahku itu namanya cluster , karena cenderung seragam dan sepertinya tidak memiliki sub komplek. Terima kasih infonya.

    August 28, 2021
  • Saya pikir kavling itu sinonim dari cluster, ternyata secara teknis beda ya. Baru tau juga arti sebenarnya kuldesak/cul de sac itu jalan buntu, saya sejauh ini ngartiinnya jalan sempit berliku gitu.

    August 28, 2021
  • baru tahu ini bedanya. soalnya kadang suka denger, mending beli kavling aja kalau buat invest daripada rumah. tapi masih agak bingung karena terkadang kavlingnya udah dibangun rumah, jadi sebenarnya kavling itu kita beli tanah tok dibangun rumah sendiri atau gimana ya?

    August 28, 2021
  • Pas banget nih soalnya saya suka kebingungan kluster dan kavling itu seperti apa 😂

    August 29, 2021
  • Ayu Natih Widhiarini

    Saya juga mengira cluster dan kavling sama, ternyata berbeda yaa..
    Terima kasih informasinya, sekarang jadi bisa bedakan kalau jalan-jalan ke perumahan temen, hehe

    August 29, 2021
  • cluster itu lebih kecil dari kavling ga sih? di jakarta ini aku seirng liat beberapa rumah yang tiba-tiba bikin cluster gitu dengan pagar tinggi dan satpamnya. Jumlahnya ga banyak per cluster, mungkin hanya 6-10 rumah. itu kali ya cluster

    August 29, 2021
  • Kavling ukuran tanahnya lebih besar ya dari cluster? dan bentuk rumahnya bisa bebas gitu. Saya suka blognya mas, mencari tahu hal-hal sederhana yang penting untuk diketahui. Saya pilih kavling cul de sac deh hehe.

    August 29, 2021
  • kadang amu juga mikir, apa ya bedanya cluster dan kavling
    ternyata ini to bedanya, mantap tulisannya mas
    jadi tahu deh sekarang

    August 29, 2021
  • wahh aku baru tau loh arti “kuldesak” yg biasanya seliweran di TL artinya jalan buntu ahhahah, tapi baik antara kavling atau cluster sama-sama komplek perumahan kan ya mba? atau kalau di kavling terserah mau dibangun apa selagi udh punya bagian lahan yang dibagi-bagi itu?

    August 29, 2021
  • Baru tau kalau cluster dan kavling itu beda. Setelah baca ini jadi tercerahkan. Padahal beberapa kali nyari rumah tapi nggak ngeh dengan perbedaan istilah tersebut. Haha

    August 29, 2021
  • Wah bedanya kavling satu dengan lainnya aku baru tahu kak. Nambah ilmu banget. Kalo cluster aku tahunya adalah perumahan dg jumlah rumah sedikit. Misal perumahan biasanya pe 100 rumah. Nah kalau cluster 20 rumah aja. Gitu

    August 30, 2021
  • Wahhh materi anak teknik ini, hehehhe
    Aku bacanya lumayan banyak nambah ilmu baru

    August 30, 2021
  • Baru tau bedanya semenjak baca posting ini, Alhamdulillah dapet ilmu baru hehehe.
    Tapi kayaknya lebih mahal cluster ya kalo mau ambil rumah. Soalnya dari segi fasilitas dll itu lebih lengkap.

    October 6, 2021
Post a Comment

You don't have permission to register
error: Content is protected !!