Tanggal 1 Mei ditetapkan sebagai hari buruh. Pada tanggal tersebut biasanya para buruh berdemo menuntut hak-hak mereka dan menyampaikan aspirasi. Namun apa bedanya buruh dengan karyawan? Apakah sama?. Di hari buruh ini mari kita simak perbedaannya.

Perbedaan Buruh dengan Karyawan

Berdasarkan dari KBBI (Kamus besar bahasa Indonesi), buruh adalah orang yang bekerja untuk orang lain dengan mendapat upah.

Jenis-jenis Buruh

Ada juga sebutan buruh harian yang menerima upah berdasarkan hari masuk kerja. Kemudian kasar buruh yaitu yang menggunakan tenaga fisiknya karena tidak mempunyai keahlian di bidang tertentu.

Selain itu ada buruh musiman yaitu yang bekerja hanya pada musim-musim tertentu (misalnya buruh tebang tebu).

Selanjutnya buruh pabrik yaitu orang yang bekerja di pabrik, buruh tambang yang bekerja di pertambangan, buruh tani yang menerima upah dengan bekerja di kebun atau di sawah orang lain.

Terakhir ada buruh terampil yang mempunyai keterampilan di bidang tertentu. Sementara buruh terlatih yaitu yang sudah dilatih untuk keterampilan tertentu.

Pengertian Karyawan

Dikutip dari KBBI, karyawan adalah orang yang bekerja pada suatu lembaga (kantor, perusahaan, dan sebagainya) dengan mendapat gaji (upah). Biasanya disebut sebagai pegawai atau pekerja.

Jenis-jenis Karyawan

Berikut jenis-jenis pegawai; pegawai lepas yaitu orang yang bekerja berdasarkan kontrak kerja (dalam waktu tertentu), karyawan tidak tetap atau pegawai harian.

Kemudian ada manajerial, yaitu orang yang berhak memerintah bawahannya untuk mengerjakan sebagian pekerjaannya dan dikerjakan sesuai dengan perintah.

Selanjutnya ada operasional, orang yang secara langsung harus mengerjakan sendiri pekerjaannya sesuai dengan perintah atasan.

Ada juga pegawai tetap yang bekerja di suatu badan (perusahaan dan sebagainya) secara tetap berdasarkan surat keputusan.

Jadi sudah tahu perbedaan buruh dengan karyawan? Jika kamu punya opini lain, yuk tulis di kolom komentar.

Baca juga: Apa Bedanya Visi dan Misi

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here