Apa Bedanya Ayam Geprek dengan Ayam Penyet

Ayam goreng menjadi lauk andalan yang digemari banyak orang. Menu yang sedang populer alias kekinian di dunia kuliner adalah ayam penyet dan ayam geprek. Namun tahukah kamu apa bedanya ayam geprek dengan ayam penyet?

Nah yuk kita bedah perbedaan dari dua kuliner yang laris manis ini:

Ayam Penyet

Ayam penyet merupakan makanan asal Indonesia, dimana ayam yang sudah diberi bumbu digoreng. Usai digoreng ayam tersebut dipenyetkan atau ditumbuk dengan alu lesung/cobek. Mengapa dipenyetkan? Supaya daging ayam lembut saat disantap.

Ayam Penyet | Foto: primarasa.co.id

Hidangan ayam penyet kemudian disajikan bersama dengan sambal, irisan mentimun, tahu dan tempe goreng. Ayam penyet terkenal sebagai makanan asal jawa Timur.

Ayam Geprek

Ayam Geprek merupakan masakan Indonesia yang terdiri dari ayam goreng tepung ditumbuk dengan alu lesung ataupun cobek. Kemudian disajikan denga sambal di atasanya beserta potongan mentimun. Ini yang membedakan ayam penyet dengan ayam geprek, jika penyet ayam gorengnya hanya diberi bumbu sementara geprek, ayamnya digoreng dengan tepung.

Tumbukan, Sambal Level dan Toping Kekinian

Selain itu, ayam penyet biasanya ditumbuk tidak terlalu keras sehingga daging ayam masih utuh. Sementara ayam geprek ditumbuk hingga dagingnya terlepas, jadi kita tak harus memotong-motong karena sudah menjadi beberapa bagian.

Sambal ayam geprek juga terkenal lewat levelnya. Orang Indonesia juara akan menikmati santapan super pedas, tidak heran ayam geprek menawarkan level pedas dengan beragama nama unik seperti jontor, mercon dan lain-lainnya.

Ayam geprek mozarella | Foto: feastit.blogspot.com

Mencoba menggaet anak-anak muda, sekarang terdapat menu ayam geprek dengan  toping kekinian yaitu keju mozarella. Wah menggoda banget ya.

Nah kalian lebih suka yang mana nih? ayam penyet atau ayam geprek?

Foto header: Qraved.com

Baca juga:

Gudeg Mbah Lindu, Cita Rasa Penjajahan

Mencoba Daging Asap Se’i Sapi Lamalera di Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *