Apa Bedanya Sunscreen dan Sunblock? Cari Tahu Perbedaannya di sini

APA BEDANYA SUNSCREEN DAN SUNBLOCK? CARI TAHU PERBEDAANNYA DI SINI

Apabedanya.com – Selama pandemi orang-orang mulai memperhatikan kesehatan kulit wajah, ada beragam produk skin care lokal maupun internasional yang dapat merawat kulit wajahmu. Salah satu produk skin care yang wajib kamu pakai yaitu sunscreen atau sunblock. Banyak yang mengira sama, tapi sebenarnya apa bedanya sunscreen dan sunblock? Mereka sama-sama melindungi kulit dari sinar matahari, lebih lengkapnya simak perbedaanya di bawah ini!

APA BEDANYA SUNSCREEN DAN SUNBLOCK

SUNSCREEN
Sunscreen merupakan lotion pelindung dari sinar matahari yang bisa menyerap ke dalam lapisan teratas kulit untuk menyerap sinar matahari yang sudah masuk ke dalam kulit.

Sunscreen dapat melindungi kulit dari sinar UVB (UltraViolet B) saja. Namun, saat ini sudah banyak sunscreen wajah yang bagus dibuat untuk menangkal bahaya sinar UVA (UltraViolet A), yang biasanya menjadi penyebab munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti flek hitam dan keriput pada wajah.

APA BEDANYA SUNSCREEN DAN SUNBLOCK? CARI TAHU PERBEDAANNYA DI SINI
Foto: Unsplash/Yue Su

di dalam sunscreen ada bahan kimia aktif yang berfungsi sebagai filter untuk mengurangi penyerapan radiasi sinar UV ke kulit. Kandungan yang biasa ada di sunscreen, yakni Octocrylene, Mexoryl XL, SPF, dan PA.

Sunscreen bekerja memfilter dan menyerap sinar UV lalu mengubahnya menjadi energi panas yang dikeluarkan melalui kulit. Untuk sunscreen harus dioleskan 20 menit sebelum keluar dari ruangan. Ini dikarenakan kandungannya memerlukan waktu untuk menyerap ke dalam kulit.

Sunscreen sangat cocok untuk kegiatan outdoor yang tidak terlalu lama, sunscreen formulanya lebih ringan dan tidak meninggalkan whitecast di kulit.

BACA JUGA: BIKIN GLOWING! INTIP 5 TIPS MENCERAHKAN WAJAH

PERBEDAAN SUNSCREEN DAN SUNBLOCK

SUNBLOCK
Sunblock merupakan lotion pelindung dari sinar matahari. Berfungsi melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Di dalam sunblock ada kandungan mineral seperti titanium dioxide yang termasuk dalam mineral alami yang tidak mudah terurai di bawah sinar matahari.

Cara kerja sunblock mampu mencegah sinar UVA dan UVB masuk ke dalam kulit dengan melakukan perlindungan di atas permukaan kulit. Sunblock bisa langsung bekerja sesaat setelah dioleskan pada kulit, tidak seperti sunscreen harus menunggu 20 menit sebelum keluar.

Sunblock cocok digunakan bagi kamu yang akan beraktivitas berjam-jam di bawah paparan sinar matahari, seperti berolahraga di luar ruangan, panas-panasan saat konser, atau ke pantai, karena efek perlindungan dari sunblock bisa dirasakan langsung tanpa harus menunggu.

APA BEDANYA SUNSCREEN DAN SUNBLOCK? CARI TAHU PERBEDAANNYA DI SINI
Foto: Pixabay

Sunblock memiliki tekstur yang kental dan biasanya meninggalkan warna putih ketika dioleskan di kulit, beda dengan sunscreen yang biasanya transparan tanpa whitecast.

Nah sudah tau kan perbedaan sunscreen dan sunblock? Intinya mereka memiliki fungsi untuk mencegah efek buruk sinar UltraViolet. Oh iya jangan lupa untuk penggunaan sunscreen ataupun sunblock harus dioleskan ulang setiap 2-3 jam agar mendapatkan hasil yang maksimal.

BACA JUGA: APA BEDANYA BODY BUTTER, BODY LOTION, BODY SERUM

Jangan lupa follow media sosial Apabedanya.com di Instagram @apabedanyacom dan Twitter @apabedanyacom untuk mendapatkan update perbedaan dan perbandingan segala hal. Menghadirkan juga konten budaya pop, lifestyle, internet, kesehatan, teknologi, hingga life hacks.

Baca juga artikel lainnya dari Tri Wahyudi di Apabedanya.com!

Apabedanya.com merupakan situs independen, bantu dan dukung kami untuk meracik konten lebih baik lagi. Kamu bisa memberikan tip melalui tautan ini. 

*Foto header Unsplash/Onela Ymeri

Hola, I'm Yudi! a content and social media specialist. I write articles about movies, TV series, music, pop culture, Pokémon, travel, food, life hacks, lifestyle, and digital marketing.

Post a Comment

You don't have permission to register
error: Content is protected !!