Apa Bedanya JPEG, GIF, dan PNG?

Sering bertanya-tanya, apa bedanya dari format JPEG, GIF, dan PNG? Kalian sering menemukan format ini dalam penyimpanan gambarataupun gambar-gambar yang muncul di website dan media sosial. Nah masing-masing format memiliki keunggulan, mari kita bahas perbedaannya.

Apa Bedanya JPEG, GIF, dan PNG?

JPEG

JPEG atau Joint Photographic Experts Group adalah skema kompresi file bitmap. File yang menyimpan hasil foto digital memiliki ukuran yang besar sehingga memberatkan. Dengan format baru ini, hasil foto yang semula berukuran besar berhasil dikompresi (dikecilkan).

JPEG merupakan format paling sering digunakan di internet. Implementasi format JPEG terbaru dimulai sejak tahun 1996 dan semakin berkembang dengan inovasi format baru, disertai perkembangan teknologi yang memanfaatkan format JPEG lebih luas.

Keunggulan JPEG

JPEG adalah salah satu dari dua standar format file gambar yang digunakan dalam halaman web dan tepat digunakan untuk gambar yang melibatkan representasi gambar berkualitas fotografi. JPEG dapat diterima di semua program-program komputer, baik yang berbasis Windows atau Apple. Format JPEG tdapat diterima pada perangkat lunak Powerpoint, Word, Excel, dan sebagainya.

GIF

GIF atau Graphics Interchange Format (GIF) adalah format grafis yang paling sering digunakan untuk keperluan desain website. GIF memiliki kombinasi warna lebih sedikit dibanding JPEG, tetapi mampu menyimpan grafis dengan latar belakang (background) transparan ataupun dalam bentuk animasi sederhana.

Kamu mungkin familiar dengan gambar yang bergerak-gerak bisa kamu bagikan di chat dan media sosial. GIF sering digunakan untuk mewarnai halaman HTML pada tag , spanduk (banner), icon, dan lain-lain. GIF tidak cocok digunakan untuk menampilkan foto.

Keunggulan GIF

GIF juga cocok untuk menampilkan gambar dengan komposisi yang tidak menggunakan terlalu banyak warna, seperti gambar kartun. GIF menggunakan metode Lossless Compression, untuk membuat ukuran file sekecil mungkin. Lossless Compression ini kompresi yang tidak mengurangi kualitas pada gambar, namun dapat memperkecil besarnya jumlah file, jadi tidak ada penghilangan data pada saat dilakukan kompresi.

PNG

PNG atau Portable Network Graphics adalah salah satu format penyimpanan citra yang menggunakan metode pemadatan yang tidak menghilangkan bagian dari citra tersebut. Format PNG juga sering digunakan untuk website. Bisa dibilang gambar PNG lebih tajam.

Keunggulan PNG

Untuk website, format PNG mempunyai 3 keunggulan dibandingkan format GIF, yaitu transparansi, pengaturan terang-gelapnya citra atau bahasa Inggrisnya brightness, dan penayangan citra secara progresif.

Baca juga: Cara Memasukkan Gambar GIF ke Blog, Facebook & Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *