Jika membahas kemerdekaan republik Indonesia tidak jauh dari upacara bendera, nah biasanya dalam upacara bendera kita menyanyikan beberapa lagu nasional seperti Mengheningkan Cipta dan tentunya lagu Indonesia Raya ketika mengibarkan bendera merah putih. Namun yang menjadi pertanyaan adakah musisi-musisi Indonesia memiliki lagu bertemakan nasionalisme? Pasti semua orang akan menjawab lagu Bendera dari band Cokelat.

Memasuki bulan Agustus lagu Bendera pasti selalu diputar, entah itu di televisi, radio, mall bahkan dinyanyikan oleh paduan suara ketika pengibaran bendera di Istana Negara. Ingin tahu lebih dalam tentang lagu Bendera dari band Cokelat? Simak 4 fakta menarik lagu Bendera dari Cokelat

cokelat rasa baru cd 2002

  1. Lagu Bendera dirilis pada tahun 2002 oleh band asal Bandung Cokelat, dimana saat itu digawangi Kikan pada vokal utama, Ervin pada drum, Edwin pada gitar dan Ronny pada bass. Lagu ini masuk dalam album Rasa Baru edisi spesial atau edisi repackage  di bawah label Sony Music Indonesia.
eross chandra sheila on 7 bendera cokelat
(Foto: antiketombe.clear.co.id)

2. Lagu Bendera merupakan hasil ciptaan dari Eross Chandra, yup lagu ini dibuat oleh gitaris dari band Sheila On 7. Selain menulis lagu untuk Band Cokelat, Eross pun menulis untuk musisi lain seperti Memes, Rio Febrian dan Tasya.

film bendera 2002 - majalah rolling stone 250 lagu Indonesia terbaik
Cover Majalah Rolling Stone Indonesia (2009) – Poster film Bendera (2002)

3. Lagu Bendera merupakan soundtrack untuk film Indonesia yang berjudul  Bendera. Film arahan Nan Achnas ini tayang pada 1 Juli 2002, dibintangi oleh Hafidz Khoir, Nuansa Jawadwipa, Wina Hendrawan, Sofyan D. Surza dan Agoes Jolly.

4. Bendera, masuk dalam daftar  150 Lagu Indonesia Terbaik versi Rolling Stone  Indonesia. Daftar ini dipublikasikan  majalah Rolling Stone Indonesia edisi #56 yang terbit pada Desember 2009. Bendera bertengger diposisi 37, dimana posisi pertama adalah lagu Bongkar dari band SWAMI (band rock 80an yang di gawangi Iwan Fals, Sawung Jabo, Naniel, Nanoe, Inisisri, Jockie Suryoprayogo, dan Toto Tewel.)

Beragam versi dari lagu Bendera yang dinyanyikan orang-orang, berikut musik video Bendera dari Cokelat versi pertama kalinya :

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here