10 Tips Beli Motor Bekas Biar Gak Buntung

10 Tips Beli Motor Bekas Biar Gak Buntung

Apabedanya.com – Beli motor bekas bisa menjadi pilihan cerdas untuk menghemat uang, tetapi juga bisa berisiko jika tidak dilakukan dengan hati-hati. Supaya tidak buntung alias rugi, coba baca dulu 10 tips yang perlu diperhatikan saat membeli motor bekas. Simak di bawah ini~

10 Tips Beli Motor Bekas Biar Gak Buntung

  1. Tentukan Budget dan Jenis Motor Sebelum mulai mencari, tentukan terlebih dahulu budget yang kamu miliki dan jenis motor yang dibutuhkan. Apakah untuk harian, touring, atau butuh motor sport? Ini akan mempersempit pilihan dan membantu fokus dalam pencarian.
  2. Riset Harga Pasaran Lakukan riset mengenai harga pasaran motor bekas yang kamu sedang incar. Bandingkan harga dari berbagai sumber seperti situs jual beli online, dealer, dan iklan koran. Ini membantu kamu mendapatkan gambaran harga yang wajar.
  3. Cek Kelengkapan Dokumen Pastikan motor yang akan dibeli memiliki dokumen lengkap, seperti BPKB, STNK, dan faktur pembelian. Dokumen yang lengkap dan asli menunjukkan bahwa motor tersebut legal dan tidak bermasalah hukum. Jadinya hati aman dan nyaman.
  4. Periksa Kondisi Fisik Motor Periksa kondisi fisik motor secara menyeluruh. Perhatikan bodi motor, rangka, dan komponen lain seperti ban, rem, dan suspensi. Cari tanda-tanda kerusakan atau modifikasi yang tidak standar.
  5. Periksa Mesin dan Performa Jalankan motor dan periksa suara mesinnya. Suara yang halus menandakan mesin dalam kondisi baik. Periksa juga performa saat motor dikendarai. Pastikan motor tidak sulit dinyalakan, akselerasinya baik, dan tidak ada getaran yang tidak normal. 10 Tips Beli Motor Bekas Biar Gak Buntung
  6. Cek Riwayat Servis Tanyakan kepada penjual tentang riwayat servis motor. Motor yang rutin diservis biasanya lebih terawat dan memiliki performa yang lebih baik. Mintalah buku servis atau catatan servis sebagai bukti.
  7. Periksa Kilometer Periksa jarak tempuh yang tertera di speedometer. Jarak tempuh yang tinggi bisa menunjukkan motor sudah banyak digunakan, tetapi juga perhatikan apakah angka tersebut wajar dengan kondisi motor.
  8. Cek Nomor Rangka dan Mesin Pastikan nomor rangka dan mesin sesuai dengan yang tertera di dokumen. Ini penting untuk memastikan motor tersebut asli dan tidak pernah mengalami penggantian mesin atau rangka yang tidak sesuai.
  9. Bawa Mekanik Terpercaya Jika kamu tidak terlalu paham tentang motor, sebaiknya bawa mekanik terpercaya untuk membantu memeriksa kondisi motor. Mekanik dapat memberikan penilaian yang lebih objektif tentang kondisi motor. Jika ribet, kamu bisa juga ajak teman yang mengerti motor.
  10. Lakukan Test Ride Jangan ragu untuk melakukan test ride. Rasakan kenyamanan saat mengendarai motor, perhatikan reaksi rem, handling, dan apakah ada suara atau getaran yang mencurigakan. Test ride memberikan gambaran langsung tentang kondisi motor saat digunakan.

Dengan mengikuti tips di atas, kamu bisa lebih yakin dan tenang dalam membeli motor bekas. Ingatlah bahwa kesabaran dan ketelitian adalah kunci agar kamu tidak buntung dan mendapatkan motor bekas yang berkualitas. Kamu punya tips lain sebelum beli motor bekas? Coba tulis di komentar~

BACA JUGA:

APA BEDANYA MOTOR TIPE ABS DENGAN CBS

10 TIPS MERAWAT RANGKA MOTOR SUPAYA TIDAK KARATAN

APA BEDANYA PESAWAT AIRBUS DENGAN PESAWAT BEOING

JENIS-JENIS TRUK UNTUK LOGISTIK, KENDARAAN PENGANGKUT BARANG

Jangan lupa follow media sosial Apabedanya.com di Instagram @apabedanyacom dan Twitter @apabedanyacom untuk mendapatkan update perbedaan dan perbandingan segala hal. Menghadirkan juga konten budaya pop, lifestyle, internet, digital marketing, kesehatan, teknologi, hingga life hacks.

Apabedanya.com merupakan situs independen, bantu dan dukung kami untuk meracik konten lebih baik lagi. Kamu bisa memberikan tip melalui tautan ini. 

Follow juga Apabedanya.com di Google News 

Foto: Planetmoto.com/Muhammad Ilham

Post a Comment

You don't have permission to register
error: Content is protected !!