Review Film NKCTHI: Emosional, & Sampaikan Pesan Penting

Awal tahun 2020 disambut film dari rumah produksi Visinema Pictures. Bertajuk “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini” yang digarap oleh Angga Dwimas Sasongko. Membaca judulnya, pastinya kalian sudah tahu film ini diadaptasi dari novel yang penuh kutipan menggetarkan karya Marchella FP. Nah seperti apa filmnya?

“Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini” atau akrab disebut NKCTHI berkisah tentang sebuah keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan ketiga anak; Angkasa, Aurora, Awan. Angkasa, anak pertama yang dituntut menjaga adik-adiknya sejak kecil, sementara Aurora, anak kedua yang merasa “not exist” dan diabaikan. Awan merupakan anak terakhir yang mendapatkan perhatian ekstra dari sang ayah.

Setelah mengalami kegagalan besar pertamanya, Awan berkenalan dengan Kale, seorang cowok eksentrik yang memberikannya pengalaman hidup baru, tentang patah, bangun, jatuh, tumbuh, hilang dan semua ketakutan manusia pada umumnya. 

Foto: Visinema Pictures

Perubahan sikap Awan karena mendapat tekanan dari orang tuanya. Belum lagi apa yang dirasakan Angkasa dan Auroroa, semua itu mendorong pemberontakan ketiga kakak beradik ini, hingga terungkapnya rahasia dan trauma besar dalam keluarga mereka. 

Review Film NKCTHI Relate dan Emosional

NKCTHI berhasil menyajikan drama keluarga yang kemungkinan sering terjadi di sekitar, kita diajak melihat asal-muasal keluarga ini. Mulai dari kelahiran anak-anak mereka, saat mereka bersekolah, hingga menuju dewasa. Dengan alur maju mundur, penonton dituntut bersabar untuk menguak rahasia masa lalu keluarga ini.

Banyak yang bilang film ini relate dengan keluarga di Indonesia. Beban yang ditujukan ke anak pertama, anak kedua yang kadang tak dianggap, hingga perhatian berlebihan ke anak terakhir. Bagi kalian yang diposisi Angkasa, Aurora, atau Awan, saat menonton film ini pasti akan merasa “wah gw banget.” 

Nah bagian cukup relate yaitu, dalam film ini yang digambarkan sebuah keluarga berada. Awan yang dijemput setiap hari dengan mobil, bagi kalian yang dijemput dengan motor can’t relate dong. Kemudian Aurora yang merasa asing di keluarganya sendiri, bisa menggelar pameran seni. Anak kedua di keluarga lainnya belum tentu mendapatkan keberuntungan seperti itu. Bisa dibilang, NKCTHI ini film Keluarga Cemara versi berkecukupan.

Foto: Visinema Pictures

NKCTHI Sampaikan Pesan Penting

Selain itu semua topik dipukul rata dalam film, drama keluarga terasa pas. Masing-masing karakter meledak di waktu yang tepat. Film NKCTHI ini menyampaikan pesan penting. Pesan-pesan tersebut hadir dari sikap ayah yang overprotektif, proses pendewasaan yang dihadapi Aurora, konflik percintaan dan beban sang ayah yang dipikul oleh Angkasa, Aurora yang tidak merasakan hangatnya keluarga, hingga perasaan ibu yang ia sembunyikan terlalu lama. 

Pesan paling penting dalam film NKCTHI yaitu hati-hati yang sedang dekat dengan anak band, enggak ada yang bener. Eh bukan itu, bagaimana orang tua sibuk memenuhi kebutuhan fisik anak tanpa memikirkan apa sih yang mereka rasakan, apa yang ia pendam. Tentu ini akan berpengaruh ke kehidupan mereka saat besar nanti. 

Quotes Film NKCTHI Mengaduk-ngaduk Perasaan

Buku NKCTHI saja sudah mengaduk-ngaduk perasaan, apa kabar filmnya? Nah untuk filmnya kalian akan dihujani quotes yang meresahkan dan mengena di hati. Berikut kutipannya “ Sabar, satu persatu”, “Gimana caranya bahagia, kalau sedih aja enggak tahu rasanya”, hingga “Bahagia itu tanggung jawab masing-masing”. 

Para cast NKCTHI tentu menjadi kekuatan dalam film ini, setiap karakter dari masa ke masa hingga peran pendukung harus diacungi jempol. Mereka adalah Rio Dewanto, Rachel Amanda, Sheila Dara, Oka Antara, Niken Anjani, Donny Damara, Susan Bachtiar, Syaqilla, Ardhito Pramono, Agla Artalidia, Alleyra Fakhira, Nayla Denny Purnama, dan Sinyo Riza. 


Foto: Visinema Pictures

Film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) hadirkan kisah keluarga yang relate dan emosional. Perasaan diaduk-aduk lewat dialog dan quotes yang mengena di hati, tak ketinggalan film ini juga menyampaikan pesan yang penting. 

Dalam film ini juga menampilkan lagu Hindia berjudul “Secukupnya”, yang menurut saya sangat pas. Baca juga ulasan album “Menari dengan Bayangan” di sini.

Film NKCTHI tayang di bioskop 2 Januari 2020, kamu sudah nonton filmnya? Tulis review kamu di kolom komentar. 

Baca juga: Review Film Love For Sale 2, Mengena di Hati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *