Bisnis Semakin Berkembang, Saatnya Perluas Gudang Logistik

BISNIS SEMAKIN BERKEMBANG, SAATNYA PERLUAS GUDANG LOGISTIK

Kebutuhan gudang inventory atau gudang logistik semakin meningkat akhir-akhir ini. Untuk itu, Anda yang ingin memperluas bisnis ke sektor persewaan gudang logistik menjadi langkah yang tepat untuk dilakukan. 

Karena penyimpanan barang di gudang logistik hal yang semakin dibutuhkan, Anda wajib mengetahui hal-hal yang diperhatikan di gudang yang akan disewakan. Misal, Anda wajib untuk merenovasi gudang menjadi gudang khusus logistik.

Kebutuhan budget pun sangat vital, seperti kebutuhan pinjaman uang untuk merealisasikan kebutuhan bisnis gudang sewa logistik Anda. Pada artikel di bawah ini, Anda wajib menyimak hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan gudang logistik yang akan dikembangkan.

4 Hal yang Wajib Diperhatikan Untuk Mendesain Gudang Logistik

Ketika Anda berniat untuk mengembangkan gudang, tentu proses renovasi tidak luput dari perhatian Anda. Maka dari itu, terdapat beberapa hal yang wajib diperhatikan ketika mendesain gudang logistik. 

Tujuan pembangunan gudang logistik ini dapat menjadi komoditas yang dicari oleh perusahaan yang membutuhkan gudang untuk menyimpan produknya.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika membangun sebuah gudang logistik dapat direalisasikan tanpa harus pusing budget. 

Pinjaman dana bank dapat membantu Anda mewujudkannya. Berikut ini 4 hal yang wajib dilakukan jika Anda ingin mendesain gudang logistik, yaitu:

  1. Menentukan Jenis Barang yang Disimpan

Hal pertama yang dapat Anda lakukan ketika ingin mengembangkan bisnis gudang logistik adalah menentukan jenis barang yang akan disimpan. Karena Anda sudah menentukan bisnis gudang logistik, tentu lingkup pasar yang akan Anda target lebih luas dan besar.

Misal, Anda mengembangkan bisnis gudang logistik untuk produksi bahan makanan restoran steak. Maka, hal yang harus Anda perhatikan adalah bagaimana tetap menjaga bahan baku makanan tersebut tetap segar ketika digunakan.

2. Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Terbaik

Kedua, hal ini berkaitan dengan poin pertama yang mana tentu ketika menentukan jenis barang yang disimpan, Anda juga butuh tenaga kerja yang berkualitas. 

Ketika mengembangkan bisnis logistik, tidak hanya budgeting yang diperhatikan. Justru, aspek satu ini tidak perlu sampai membuat Anda bingung karena adanya pinjaman uang di bank dengan bunga rendah.

Namun, hal yang lebih vital untuk Anda perhatikan adalah mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) terbaik. Tujuannya agar proses operasional bisnis gudang logistik Anda dapat lebih tertata dari aspek manajemennya.

3. Melayani Perawatan dan Penyimpanan Barang dengan Baik

Hal yang perlu diperhatikan berikutnya adalah Anda wajib melayani perawatan dan penyimpanan produk di gudang dengan baik. Hal ini berkaitan dengan service atau pelayanan yang berkualitas. 

Karena, seperti yang Anda ketahui bahwa kebutuhan suatu perusahaan untuk menyewa gudang logistik semakin meningkat dan kompleks. Jika Anda tidak memperhatikan hal satu ini, Anda tentu akan kesulitan untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. 

Maka dari itu, tingkatkan kualitas service gudang logistik Anda mulai dari perawatan dan penyimpanan yang aman dan tentunya selalu up to date dengan stok produk yang ada di gudang.

4. Menawarkan Harga Sewa Gudang Logistik yang Kompetitif

Terakhir, Anda juga wajib untuk memperhatikan harga sewa gudang logistik milik Anda. Harga yang kompetitif akan membuat gudang Anda diminati oleh para pelanggan. 

Langkah awal untuk mendapatkan harga yang kompetitif, Anda tidak lupa untuk melakukan riset dengan gudang lainnya.

3 Perlengkapan Gudang Logistik yang Harus Disiapkan

Apabila Anda sudah menyimak dan mengerti tentang apa saja hal-hal yang harus diperhatikan ketika mengembangkan bisnis gudang logistik. Maka, selanjutnya Anda wajib menyiapkan perlengkapan gudang logistik yang akan Anda renovasi dan kembangkan.

Perlengkapan-perlengkapan tersebut bertujuan untuk mendukung segala aspek operasional bisnis gudang logistik Anda. Terdapat 3 perlengkapan gudang logistik yang wajib Anda siapkan, yaitu:

  1. Perlengkapan Dock Picking dan Shipping

Perlengkapan pertama yang wajib Anda siapkan adalah dock untuk picking dan shipping logistik. Untuk jenis perlengkapan ini, Anda dapat menggunakan loading ramp dan hand pallet. 

Keduanya merupakan alat yang berfungsi untuk menurunkan barang dari peti kemas. Hal yang berbeda adalah bentuk dari alat-alat tersebut

2. Perlengkapan Pemindahan Produk Logistik

Kedua, Anda wajib menyiapkan perlengkapan untuk memindahkan produk logistik dari satu tempat ke tempat lainnya. Untuk alat-alatnya, yaitu hand stacker, forklift, drum handler dan conveyor. 

Kebutuhan alat pelengkap tersebut bertujuan agar Anda dapat efisien secara tenaga dan meminimalisasi kecelakaan yang dapat dialami oleh SDM.

3. Perlengkapan Inventory

Perlengkapan penting terakhir adalah perlengkapan inventory atau penyimpanan barang. Ketika Anda memiliki bisnis gudang logistik, kualitas penyimpanan produk menjadi vital untuk diperhatikan. 

Karena hal tersebut berkaitan dengan produk yang keluar dan masuk gudang dan tentunya wajib baik kualitas dan kondisinya. Contoh jenis perlengkapan inventory adalah rak penyimpanan.

BISNIS SEMAKIN BERKEMBANG, SAATNYA PERLUAS GUDANG LOGISTIK

Kembangkan Gudang Logistik dengan Pinjaman Uang DBS KTA

Apakah penjelasan di atas sudah menjawab pertanyaan Anda seputar mengembangkan bisnis gudang logistik? Jika sudah, maka selanjutnya Anda patut mengetahui produk pinjaman dana bank terpercaya dan berbunga ringan yaitu DBS KTA.

Keunggulan produk satu ini sangat tepat digunakan untuk Anda yang ingin mengembangkan bisnis seperti bisnis gudang logistik. Selain itu, KTA (Kredit Tanpa Agunan) yang dikeluarkan oleh DBS KTA memiliki banyak keunggulan dari aspek persyaratan juga. Berikut ini penjelasan yang dapat Anda simak:

  • Pinjaman yang mencapai Rp300 juta
  • Persyaratan pengajuan yang mudah, pastikan jika Anda tinggal di Jabodetabek. Selain itu Anda juga harus memiliki e-KTP dan NPWP. Untuk penghasilan, minimal gaji 5 juta, dan memiliki kredit bank lain dengan limit sedikitnya 10 juta.
  • Bunga flat mulai dari 0,88%. Ringan sekali bukan?
  • Anda dapat mencicil hingga 36 bulan ke depan.
  • Proses persetujuan singkat hanya membutuhkan 3-5 hari kerja.

Akhir kata, mengembangkan bisnis gudang logistik semakin digandrungi belakang ini. Kebutuhan akan gudang serba guna menjadi pilihan para perusahaan terbaik. Hal ini mengharuskan Anda juga untuk memberikan pelayanan serta kualitas fisik dari gudang logistik ini.

Soal budget DBS KTA menawarkan pinjaman uang bebas jaminan atau agunan. Cocok sekali bagi Anda yang ingin memenuhi kebutuhan renovasi gudang dengan budget Rp200 juta hingga Rp300 juta. Informasi lebih lengkap dan promo lainnya, klik link berikut ini https://www.dbs.id/id/treasures-id/kta/pinjaman-dbs-kta.page.

Hola, I'm Yudi! a content and social media specialist. I write articles about movies, TV series, music, pop culture, Pokémon, travel, food, life hacks, lifestyle, and digital marketing.

Comments
  • Berguna banget postingannya buat yg sedang ingin membuat bisnis inventory 👍.

    Tadinya aku dan suami kepikiran mau bikin bisnis ini, penyewaan gudang. Soalnya salah satu rumah kami di solo pernah ditawar orang buat disewa, tapi bukan untuk ditinggalin mas, melainkan buat gudang. Akhirnya kami tolak. Pertama memang belum ada ilmu kesana, dan waktu itu kuatir bakal utk penyimpanan barang berbahaya dan ilegal. Lagian udh jelas2 rumah, masa dia mau jadiin gudang 🤭

    Tapi karena itu juga kami jadi kepikiran buat bikin gudang logistik . Semoga ada rezekinya ntr.

    January 14, 2023
Post a Comment

You don't have permission to register
error: Content is protected !!